ANALISA PENGARUH PERUBAHAN BEBAN POROS PROPELLER TERHADAP KINERJA BANTALAN KM. ORIENTAL SAMUDERA

Rismu Landung, Gumilang (2014) ANALISA PENGARUH PERUBAHAN BEBAN POROS PROPELLER TERHADAP KINERJA BANTALAN KM. ORIENTAL SAMUDERA. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Propeller merupakan bentuk alat penggerak kapal yang umum digunakan untuk menggerakkan kapal. Sebuah propeller yang digunakan dalam kapal biasanya mempunyai bagian daun baling-baling yang terhubung dengan poros. Poros pada propeller terhubung dengan mesin penggerak utama kapal (main engine). Kecepatan putar pada propeler sama dengan kecepatan putar pada poros yang bergantung pada kecepatan putar mesin. Pada poros propeller KM. Oriental Samudera lapisan kuningann poros (babbitt) mengalami pengikisan yang diakibatkan karena permukaan babbitt bergesekan dengan permukaan bantalan stern tube (white metal). Besarnya beban yang harus ditanggung poros memperngaruhi bergesrnya titik pusat poros propeller terhadap bantalan stern tube sehingga contact surface (hubungan antar permukaan) bantalan stern tube dangan lapisan kuningan pada poros menjadi semakain besar. Pergeseran titik pusat poros propeller yang terlalu besar akibat pengaruh beban yang besar membuat jarak titik pusat poros propeller dengan bantalan stern tube menjadi semakin besar. Ketika poros diam poros berhimpit dengan bantalan sehingga ketika poros mulai bergerak terjadilah gesekan antar permukaan yang mengakibatkan permukaan babbit terkikis. Kata Kunci : Pergeseran titik pusat, tekanan permukaan, koefisien gesekan ABSTRACT Propeller is propultion tool of ship a common used to drive ship. A propeller used in the ship usually have a leaves connected to propeller shaft. Shaft on propeller connected to the ship's main propulsion engines (main engines). Propellers rotate speed same as shaft rotational speed that depends on the rotational speed of the engine. In propeller shaft KM. Oriental Samudra bronze layer shaft (Babbitt) experienced erosion caused Babbitt surface due to rubbing against with stern tube bearing surface (white metal). The magnitude of the load to be borne shaft affect shifting center point of propeller shaft to the center of stern tube bearings, so that the contact surface (the relations between the surface) stern tube bearing with bronze layer on the shaft become more large. Shifting the center point of the propeller shaft is too large due to the influence of large loads make the distance to the center point of the propeller shaft stern tube bearings becomes larger. When the silent shaft axis coincides with the bearing so that when the shaft begins to move there was friction between the surface of the resulting surface is eroded Babbit. Keywords: Shifting of center point, surface pressure, coefficient of friction

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2018 06:05
Last Modified: 21 Aug 2018 06:05
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/33

Actions (login required)

View Item View Item