PENGARUH MISALIGNMENT TERHADAP RESPON GETARAN PADA PEMODELAN SHAFT PROPELLER KAPAL WHITE PRODUCT TANKER

Firmansyah, Bagas Haris (2020) PENGARUH MISALIGNMENT TERHADAP RESPON GETARAN PADA PEMODELAN SHAFT PROPELLER KAPAL WHITE PRODUCT TANKER. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0316040018 - Bagas Haris Firmansyah - Pengaruh i Misalignment _i Terhadap Respon Getaran pada Pemodelan i Shaft Propeller _i Kapal i White Product Tanker _i .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji respon getaran torsional sistem transmisi dari kapal white product tanker. Tugas akhir ini akan dijadikan acuan atau pedoman kepada galangan untuk mengetahui getaran akibat dari efek misalignment. Pemodelan menggunakan standar 2 derajat kebebasan yang digambarkan dengan 2 persamaan differensial. Terdapat 2 pusat massa yang berada di stern tube dan propeller. Tugas akhir ini akan dilakukan proses pemodelan getaran poros propeller akibat misalignment menggunakan software MATLAB 2013a. Variasi misalignment yang digunakan untuk proses pemodelan getaran sebesar 0,025 mm, 0,05 mm, 0,075mm, dan 0,1 mm. Variasi tersebut merujuk pada standard maksimum mislaignment yang dikeluarkan oleh class untuk mengetahui respon getaran, frekuensi natural, dan resonansi dari setiap variasi misalignment. Hasil dari pemodelan menunjukan nilai dari respon getaran pada saat kondisi centre sebesar θ1 range amplitudo -1,4107997x10-7rad/s sampai dengan 1,5086487x10-7 rad/s dan θ2 range amplitudo -9,477330x10-7 rad/s sampai dengan 8,8626428x10-6 dengan periode 0,05 sec dan waktu 1800 sec. Pada ukuran misalignment 0,1 mm dengan nilai respon getaran θ1 min -1,41079x10-7 rad/s maksimum 1,50873x10- 7rad/s dan θ2 range amplitudo -9,4772x10-7 rad/s sampai dengan 8,86278x10-7 rad/s. dengan periode 0,05 sec dan waktu 1800 sec. Respon getaran yang terjadi pada varias misalignment masih diijinkan standard ISO Severity 10618-3 dan class ABS. Semakin besar ukuran dari misalignment akan menyebabkan semakin besarnya getaran yang terjadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Frekuensi Natural, Misalignment, Respon Getaran, Vibration, Momen Puntir.
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:22
Last Modified: 23 Aug 2021 04:22
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3236

Actions (login required)

View Item View Item