ERGONISHER SHIP (ERGONOMIC and SAFETY PASSANGER SHIP) RANCANG BANGUN KAPAL PENUMPANG UNTUK PELAYARAN PROBOLINGGO – GILI KETAPANG

BARRIRROHIM, MOH. KHOLIF (2020) ERGONISHER SHIP (ERGONOMIC and SAFETY PASSANGER SHIP) RANCANG BANGUN KAPAL PENUMPANG UNTUK PELAYARAN PROBOLINGGO – GILI KETAPANG. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0116040054 - Moh. Kholif Barrirrohim - Ergonisher Ship (Ergonomic And Safety Passanger Ship) Rancang Bangun Kapal Penumpang Untuk Pelayaran Probolinggo – Gili Ketapang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan sektor maritim sebagai poros kehidupan rakyatnya, banyak rakyat Indonesia memilih profesi sebagai nelayan ataupun penyedia jasa transportasi laut dengan bantuan kapal sebagai alat utamanya. Namun, bila dilihat dari aspek safety dan ergonomi, masih banyak kapal yang belum memenuhi standar operasi kapal dilaut sesuai dengan panduan SOLAS. Hal tersebut dapat kita jumpai pada kapal-kapal yang melayani rute penyeberangan Probolinggo-Gili Ketapang. Mayoritas kapal penumpang tersebut tidak dilengkapi dengan alat penunjang keselamatan bagi para penumpang maupun abk nya sehingga dapat membahayakan penumpang dan abk apabila terjadi bahaya yang tidak dapat diperediksi, apalagi hal tersebut ditambah dengan kondisi fasilitas maupun tata letak akomodasi kapal yang kurang baik dan ergonomis, yang menyebabkan penumpang menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah tersebut tercetuslah desain “ERGONISHER SHIP”, dimana kapal tersebut merupakan pengembangan dari karya yang sudah ada dan dilakukan penyempurnaan desain berdasarkan dari general requirement. Pada tugas akhir ini juga menganalisa tentang respon gerakan kapal dalam skenario operasional penuh dengan variasi 3 gerakan vertikal yakni heaving, rolling, dan pitching pada gelombang reguler yang disajikan dalam grafik Response Amplitude Operator (RAO). Variasi sudut gelombang yang digunakan yaitu 0 deg, 90 deg, dan 180 deg pada kecepatan dinas 15 knots. Sedangkan pada variasi tinggi gelombang significant dan periode gelombang yang digunakan berdasarkan rute pelayaran kapal yakni Probolinggo-Gili Ketapang yang diperoleh dari BMKG. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan software maxsurf motion advanced. Hasil yang dapat disimpulkan dalam tugas akhir ini yaitu berupa desain kapal penumpang Ergonisher Ship yang Ergonomi dan Safety sesuai dengan aturan SOLAS, kenyamanan dan keamanan kapal yang baik sesuai dengan kriteria seakeeping menurut Olson (1978), tingkat kenyamanan kapal yang diwakili oleh nilai Motion Sickness Incidense (MSI) yang dibandingkan dengan range nilai MSI yang telah diatur dan secara garis besar didapatkan nilai kurang dari 5 SM atau dalam kondisi moderate, serta tingkat kenyamanan kapal dengan membandingkan nilai Root Mean Squere (RMS) pada Absolute Vertical Acceleration dan dibandingkan dengan aturan ISO 2631 yang terbagi dalam 5 kategori tingkat kenyamanan dimana secara garis besar diperoleh bahwa tingkat kenyamanan secara garis besar dalam keadaan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ergonomi, ISO 2631, Motion Sickness Incidense, Seakeeping, SOLAS
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Produksi Kapal (Ship Production)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2021 06:33
Last Modified: 14 Aug 2021 06:33
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3217

Actions (login required)

View Item View Item