ANALISIS KEKUATAN KONSTRUKSI HALUAN KAPAL PATROLI PENJAGAAN LAUT DAN PANTAI AKIBAT BEBAN SLAMMING

Wicaksono, Danang Aji (2020) ANALISIS KEKUATAN KONSTRUKSI HALUAN KAPAL PATROLI PENJAGAAN LAUT DAN PANTAI AKIBAT BEBAN SLAMMING. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0116040035 - Danang Aji Wicaksono - Analisis Kekuatan Konstruksi Haluan Kapal Patroli Penjagaan Laut dan Pantai Akibat Beban i Slamming _i .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kapal Patroli Penjagaan Laut dan Pantai adalah kapal yang berfungsi untuk menjaga keamanan dan keselamatan pelayaran di wilayah laut Indonesia. Pada saat beroperasi, kapal patroli dihadapkan pada kondisi lingkungan yang tidak menentu. Gelombang laut yang tinggi dapat mengakibatkan gerakan vertikal pada haluan dimana ketika nilainya terlalu besar, dapat membuat haluan kapal mengala m i slamming. Karena hal tersebut, kapal patroli harus memiliki kekuatan konstruksi yang cukup untuk dapat menahan beban yang terjadi saat kondisi slamming. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis kekuatan pada konstruksi haluan Kapal Patroli Penjagaan Laut dan Pantai 28,9 m akibat beban slamming. Penelitian diawali dengan analisis gerakan kapal pada kondisi gelombang dengan tinggi 3 m dan periode zero crossing 5,89 s, kondisi gelombang dengan tinggi 3,825 m dan periode zero crossing 6,21 s, dan kondisi gelombang dengan tinggi 5,01 m dan periode zero crossing 6,56 s. Analisis gerakan kapal dilakukan pada titik pengamatan frame 38, frame 40, dan frame 42 dengan menggunakan software Maxsurf Motion. Nilai varian gerakan vertikal relatif haluan, kecepatan vertikal relatif haluan, dan percepatan vertikal relatif haluan terbesar didapatkan di titik pengamatan frame 42 pada tinggi gelombang 5,01 m dengan nilai varian gerakan vertikal relatif haluan sebesar 4,071 m2, nilai varian kecepatan vertikal relatif haluan sebesar 27,787 m2/s2, dan nilai varian percepatan vertikal relatif haluan sebesar 354,289 m2/s4. Selanjutnya dilakukan pehitungan untuk memprediksi peluang terjadinya slamming, intensitas slamming, dan besar tekanan slamming pada alas haluan. Probabilitas slamming dan intensitas slamming terbesar terjadi di titik pengamatan frame 42 pada kondisi tinggi gelombang 5,01 m dengan probabilitas 0,512 dan intensitas 765,857 slamming per jam dan nilai tekanan slamming terbesar terjadi pada kondisi tinggi gelombang 5,01 m di titik pengamatan frame 38 yaitu sebesar 788,453 kPa. Dengan tekanan sebesar 788,453 kPa, dilakukan analisis kekuatan konstruksi haluan dan didapatkan tegangan maksimum yang terjadi sebesar 125 MPa. Nilai ini memenuhi nilai tegangan minimum yang diisyaratkan BKI untuk material Aluminium 5083-H116 yaitu sebesar 165,385 MPa. Dengan demikian, konstruksi haluan Kapal Patroli Penjagaan Laut dan Pantai 28,9 m ini aman terhadap beban slamming.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Respon Gerakan Kapal, Slamming, Tegangan
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Konstruksi Kapal (Ship Construction)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2021 04:58
Last Modified: 14 Aug 2021 04:58
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3203

Actions (login required)

View Item View Item