ANALISIS PERFORMA MANUVER KAPAL PATROLI PENJAGAAN LAUT DAN PANTAI 29 METER AKIBAT PERUBAHAN KONFIGURASI JARAK ANTARA RUDDER DAN PROPELLER

Prakosa, Aditya (2020) ANALISIS PERFORMA MANUVER KAPAL PATROLI PENJAGAAN LAUT DAN PANTAI 29 METER AKIBAT PERUBAHAN KONFIGURASI JARAK ANTARA RUDDER DAN PROPELLER. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0116040033 - Aditya Prakosa - Analisis Performa Manuver Kapal Patroli Penjagaan Laut dan Pantai 29 Meter Akibat Perubahan Konfigurasi Jarak Antara Rudder dan Propeller.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kapal KPLP berfungsi untuk berpatroli dan melakukan pengejaran terhadap kapal-kapal asing dengan mengandalkan manuvernya. Perencanaan rudder dan propeller harus direncanakan dengan baik. Untuk mempertimbangkan hal-hal tersebut, analisis yang dilakukan ialah untuk mengetahui jarak rudder terhadap propeller yang ideal. Untuk menyelesaikan penelitian ini, software yang digunakan adalah ANSYS Workbench 18.2 fluid flow fluent analysis untuk mencari nilai drag force, lift force, total gaya resultan, kecepatan aliran pada area rudder dan melakukan perhitungan manual kriteria manuver menurut IMO. Hasil dari software yang digunakan menunjukan bahwa variasi jarak rudder terhadap propeller yang semakin besar maka kontribusi drag force, lift force, dan total gaya resultan yang dihasilkan mengalami penurunan. Penambahan jarak rudder terhadap propeller pada variasi 1 ke variasi 2 sebesar 0,095 meter, maka prosentase perubahan drag force turun sebesar 44,47% , prosentase perubahan lift force turun sebesar 9,36 %, dan prosentase perubahan total gaya resultan turun sebesar 20,30 %. Nilai distribusi kecepatan aliran yang dihasilkan mengalami peningkatan. Prosentase perubahan kecepatan aliran naik sebesar 2,34 %. Berdasarkan ketentuan IMO pada kriteria turning ability, semua variasi jarak memenuhi kriteria manuver. Dengan variasi jarak yang semakin besar, kualitas manuver semakin menurun. Variasi jarak rudder terhadap propeller yang ideal pada kapal patroli KPLP dengan kecepatan dinas 24 knots adalah pada variasi 1 sebesar 0,095 meter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rudder, Propeller, Manuver, ANSYS Workbench Fluid Flow Fluent Analysis, Drag Force, Lift Force, Total Gaya Resultan, Kecepatan Aliran
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Produksi Kapal (Ship Production)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2021 04:52
Last Modified: 14 Aug 2021 04:52
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3202

Actions (login required)

View Item View Item