ANALISA PREDIKSI DAN UPAYA UNTUK MENAMBAH UMUR LELAH PINTU GRAVING DOCK

Putra, Achmad Ardi Arya (2020) ANALISA PREDIKSI DAN UPAYA UNTUK MENAMBAH UMUR LELAH PINTU GRAVING DOCK. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0116040021 - Achmad Ardi Arya Putra - ANALISA PREDIKSI DAN UPAYA UNTUK MENAMBAH UMUR LELAH PINTU GRAVING DOCK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Graving dock adalah salah satu fasilitas yang banyak ditemukan di setiap galangan. Graving Dock memiliki peran penting dalam kegiatan reparasi serta pembangunan bangunan baru kapal. Graving Dock memiliki sebuah pintu yang menjadi penghalang agar air tidak masuk ke dalam dok pada saaat operasional dan pintunya juga dilengkapi oleh pipa inlet dan outlet beserta katup yang didesain agar air bisa masuk kedalam dok kolam. Pada masa operasionalnya, pintu graving dock mendapatkan beban berupa beban hidrostatis yang dipengaruhi oleh tinggi sarat. Beban yang didapat oleh pintu graving dock terjadi secara terus menerus selama operasional nya, Hal ini mengaikbatkan struktrur dari pintu graving dock mengalami kelelahan. Maka dari itu, dalam mendesain pintu dok, diharapkan pintu dok memiliki konstruksi yang tahan dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga dilakukan analisa untuk memprediksi umur kelelahan dari struktur pintu graving dock beserta upaya agar umur kelelahan dapat diperpanjang. Analisa ini akan dilakukan dengan membuat model pintu Graving Dock dengan ukuran yang asli menggunakan software Autodesk Fusion 360, kemudian model akan dianalisa menggunakan software Ansys 19.2 untuk mengetahui letak tegangan dan umur dari konstruksi dalam beberapa tahun kedepan. Metode yang digunakan dalam menghitung umur lelah dari pintu dok adalah metode simplified fatigue analysis. Pintu dok yang dianalisa adalah pintu dok milik Graing Dock PT. Janata Marina Indah. Menurut CSR 2012, umur konstruksi tidak kurang dari 25 tahun. Hasil analisa menunjukkan umur terkecil yang didapatkan adalah 13,12 tahun. Maka dapat dikatakan umur pintu dok tidak memenuhi persyaratan. Sedangkan untuk tegangan tertinggi sebesar 0.47635 Mpa pada frame 12 dengan keadaan operasional, sedangkan pada keadaan tidak beroperasional nilai tegangan terbesar adalah 0.5457 Mpa pada frame 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pintu graving dock, umur lelah, finite element, Simplified Fatigue Analysis.
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Kapal (Ship Design)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2021 03:21
Last Modified: 14 Aug 2021 03:21
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3191

Actions (login required)

View Item View Item