ANALISA PERBANDINGAN STABILITAS KAPAL TANKER KASIM 5570 GT TANPA BILGE KEEL DAN MEMAKAI BILGE KEEL DENGAN VARIASI UKURAN

Bijaf, Ayu Fajrin Novianti (2020) ANALISA PERBANDINGAN STABILITAS KAPAL TANKER KASIM 5570 GT TANPA BILGE KEEL DAN MEMAKAI BILGE KEEL DENGAN VARIASI UKURAN. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0116040011 - Ayu Fajrin Novianti Bijaf - Analisa Perbandingan Stabilitas Kapal Tanker KASIM 5570 GT tanpa Bilge Keel dan Memakai Bilge Keel dengan Variasi Ukuran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Stabilitas kapal tanker menjadi pertimbangan penting dalam perencanaannya. Hal ini dikarenakan adanya permukaan bebas muatan minyak di dalam tangki kapal. Salah satu cara untuk meningkatkan stabilitas yaitu dengan memasang bilge keel pada sisi kiri kanan lambung. Dalam penelitian ini, akan dianalisis pengaruh pemasangan bilge keel terhadap stabilitas kapal, serta akan direncanakan dimensi, type, sudut, dan letak bilge keel pada lambung kapal. Setelah itu akan dihitung berat dan titik berat kapal, kemudian dicari nilai periode oleng masing-masing model. Dalam hal ini terdapat 13 model, terdiri dari 1 model lambung kapal tanpa bilge keel dan 12 model lambung kapal memakai bilge keel sesuai variasi ukuran bilge keel yang telah direncanakan. Pemodelan dilakukan dengan bantuan software maxsurf modeller dan analisis stabilitas dengan bantuan software maxsurf stability menggunakan 4 macam loadcase. Hasilnya yaitu, lambung kapal memakai bilge keel desain 12 merupakan model yang dinilai paling efektif untuk memperbaiki stabilitas kapal, dengan lebar bilge keel 747 mm dan panjang 42000 mm. Pada kondisi muatan penuh memiliki nilai GZ 0,919 m dan GM 1,675 m dengan nilai periode oleng 10,385 detik. Nilai GM semua model pada kondisi muatan penuh telah memenuhi kriteria standar IMO untuk jenis kapal tanker yaitu 0,05 sampai 2,00 m. Namun untuk nilai periode oleng semua model belum memenuhi range kriteria standar IMO untuk jenis kapal tanker yaitu 9 sampai 10 detik, tetapi nilainya hampir mendekati yaitu berkisar pada 10,3 detik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bilge Keel, Kapal Tanker, Software Maxsurf , Stabilitas Kapal.
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Kapal (Ship Design)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2021 02:08
Last Modified: 14 Aug 2021 02:08
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3183

Actions (login required)

View Item View Item