Shitadewi, Adelia (2020) ANALISIS KEKUATAN PILAR DENGAN PROFIL TIPE ANGLE SEBAGAI PENYANGGA PADA GELADAK TONGKANG CRAWLER CRANE MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
Text
0116040002 - Adelia Shitadewi - Analisis Kekuatan Pilar dengan Profil Tipe Angle sebagai Penyangga pada Geladak Tongkang Crawler Crane Menggunakan Metode Elemen Hingga.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pada tahun 2009, PT. Janata Marina Indah (PT. JMI) akan membangun fasilitas graving dock baru yang bertempat di unit 2 perusahaannya. Dalam proses pembangunannya, PT. Modern Surya Jaya (PT. MSJ) selaku kontraktor memerlukan fasilitas berupa kapal tongkang untuk mengangkut tiang pancang. Oleh karena itu dibuatlah kapal tongkang MSJ ini yang dilengkapi dengan crawler crane untuk memindahkan tiang pancang. Selama masa operasionalnya, kapal tongkang ini mengalami pembebanan yang diakibatkan oleh muatan dan crawler crane. Namun, hingga saat ini kapal tongkang MSJ tidak memiliki data analisa kekuatan konstruksinya. Maka dari itu, akan dilakukan analisa kekuatan dari konstruksi pilar penyangga geladak yang disebabkan oleh pembebanan yang ada. Sebelum dilakukan analisa menggunakan software Ansys 2019 terlebih dahulu dibuat pemodelan 3D solid menggunakan software AutoCAD 2014 dan dilakukan perhitungan kekuatan memanjang kapal untuk mencari momen yang terjadi pada ujung pemodelan yang akan dianalisa. Data yang diperoleh dari analisa tersebut berupa nilai serta letak dari tegangan dan deformasi maksimum yang terjadi. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan pada konstruksi pilar penyangga deck dengan ke empat variasi yang ada didapatkan nilai tegangan dan deformasi maksimal pada profil angle sebesar 30,724 MPa dan 0,7398 mm. Pada profil H beam arah melintang kapal sebesar 45,536 MPa dan 2,5768 mm. Pada profil H beam arah memanjang kapal sebesar 10,772 MPa dan 1,2547mm. Pada profil pipe sebesar 6,5466 MPa dan 0,0458 mm. Data yang didapat disesuaikan dengan kriteria safety factor yang telah ditentukan dan hasil yang didapat yaitu ke empat variasi tersebut dalam kondisi aman.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kekuatan struktur, tongkang crawler crane, finite element. |
Subjects: | DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Konstruksi Kapal (Ship Construction) |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 08:57 |
Last Modified: | 13 Aug 2021 08:57 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3176 |
Actions (login required)
View Item |