ANALISA PENGEMBANGAN SISTEM PELUNCURAN KAPAL DI PT. DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA (PERSERO)

Hadi, Tekki Evrian (2015) ANALISA PENGEMBANGAN SISTEM PELUNCURAN KAPAL DI PT. DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA (PERSERO). Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Slipway adalah sistem peluncuran kapal yang dimiliki PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero). Namun dalam proses penurunan badan kapal banyak mengalami kendala saat persiapan sampai pelaksanaan, maka PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) mengembangkan fasilitas peluncuran yang mereka miliki dengan menggunakan ship airbags. ship airbags adalah sistem peluncuran kapal menggunakan balon bertekanan udara yang mempunyai tekanan kerja tertentu sesuai dengan regulasi yang ada. Dalam penelitian ini hal pertama yang dilakukan adalah menganalisa teknis dan perhitungan faktor penyebab perubahan sistem peluncuran dari slipway menjadi ship airbags. Kedua, dilakukan perhitungan berat kapal maksimum yang dapat di tarik dengan kekuatan winch yang tersedia dengan sistem roll blok. Ketiga, dilakukan perhitungan kebutuhan ship airbags saat proses undocking kapal. Dari analisa teknis dan perhitungan ship airbags lebih unggul dibandingkan dengan slipway karena dapat digunakan untuk docking – undocking kapal dengan fasilitas pendukung yang tidak banyak, persiapan dan pelaksanaanya mudah dan tidak menimbulkan kerusakan pada lambung. Berat kapal maksimum yang dapat ditarik menggunakan winch 45 ton dengan sistem roll blok 7 puli pada landasan pasir adalah 2258,52 ton. Perencanaan jumlah kebutuhan ship airbags untuk undocking kapal adalah 19 buah ship airbags utama ditambah 2 ship airbags cadangan dengan jarak antar ship airbags minimal 5,1 m dan maksimal tidak boleh lebih dari 6 m sesuai dengan regulasi. Kata Kunci : Slipway , Ship Airbags, Winch, Docking – Undocking Slipway is the ship launching system owned by PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero). But in the process of decline experienced many obstacles hull in preparation to execution, then PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) develop their launch facilities using Ship Airbags. Ship airbags is a boat launch system using pressurized air balloon that has a certain working pressure in accordance with existing regulations. In this study the first thing to do is to analyze and calculating the factors that causing the change in the system of the slipway into a ship launching airbags. Secondly,calculating the maximum weight f the vessel can be with drawn with the power winch provided with the roll block system. Thirdly, calculating the needs of ship airbags for undocking process. From the technical analysis and calculation Ship airbags is superior compared to the slipway because it can be used for docking - undocking ships with support facilities are not so much, preparation and implementation is easy and does not cause damage to the hull. The maximum weight that can be withdrawn using the 45 tons with 7 pulleys, roll block system is 2258.52 tons on sand runway. The number of airbags ship needs for undocking the ship is 19 pieces of major ship airbags plus 2 reserves ship airbags with the distance between the ship airbags is minimum 5.1 m and the maximum is not more than 6 m in accordance with the regulations. Keywords : Slipway, Ship Airbags, Winch, Docking - undocking

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 30 Aug 2018 06:04
Last Modified: 30 Aug 2018 06:04
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/296

Actions (login required)

View Item View Item