OPTIMALISASI WAKTU DALAM PEMBANGUNAN BLOK P1701 / 1702 PADA KAPAL CRUIDE OIL TANKER DI PT. DAYA RADAR UTAMA UNIT LAMONGAN

Putra, Oktavian Perdana (2020) OPTIMALISASI WAKTU DALAM PEMBANGUNAN BLOK P1701 / 1702 PADA KAPAL CRUIDE OIL TANKER DI PT. DAYA RADAR UTAMA UNIT LAMONGAN. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0616040052 - Oktavian Perdana Putra - Optimalisasi Waktu dalam Pembangunan Blok P1701_1702 pada Kapal i Cruide Oil Tanker _i Di PT. Daya Radar Utama Unit Lamongan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

PT Daya Radar Utama merupakan salah satu galangan kapal yang memiliki kualitas menonjol dalam rancang bangun dari beberapa galangan kapal yang ada di Indonesia. Dalam memenuhi kebutuhan konsumen, perusahaan tentu memiliki estimasi durasi waktu pelaksanaan proyek serta adanya perencanaan sumber daya manusia yang baik. Artinya, proyek harus diselesaikan sebelum atau tepat pada waktu yang ditentukan. Dalam mengestimasi waktu dan produktivitas kerja maka diperlukan optimalisasi. Analisis optimalisasi waktu proyek digunakan untuk mengetahui berapa lama suatu proyek tersebut diselesaikan dan mencari adanya kemungkinan waktu terlama dalam pelaksanaan proyek dengan CPM (Critical Path Method – Metode Jalur Kritis) dan metode PERT (Project Evaluation and Review Technique). Dari hasil analisis lintasan kritis menggunakan network planning didapat waktu terlama yang dibutuhkan dalam menyelesaikan pekerjaan untuk pembangunan Blok P 1701/1702 pada Kapal Cruide Oil Tanker berdasarkan perhitungan jalur kritis yaitu selama 4728,2 menit, sedangkan waktu rata – rata dengan perkiraan waktu optimis dan pesimistik dalam penyelesaian proyek tersebut selama 4723,63 menit. Dari waktu normal tersebut dilakukan perhitungan produktifitas kerja untuk mengetahui beban kerja dari tiap kegiatan yaitu pada pekerjaan blasting awal sebesar 6761,04 Kg/jam, pekerjaan marking plate sebesar 596,27 Kg/jam, pekerjaan cutting plate 1730 Kg/jam, pekerjaan bending plate sebesar 66,83 Kg/jam, pekerjaan welding T joint (SMAW) 1459,55 Kg/jam, pekerjaan welding Butt Joint (FCAW) 1587,2 Kg/jam dan pada pekerjaan blasting akhir sebesar 150 Kg/jam dan pada pekerjaan shop primer sebesar 210 Kg/jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, metode CPM dan PERT, network planning, produktifitas kerja
Subjects: DM - Teknik Desain Manufaktur > Perencanaan, Pengendalian, dan Persediaan Produksi
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Desain Manufaktur
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 04 Aug 2021 07:25
Last Modified: 04 Aug 2021 07:25
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/2933

Actions (login required)

View Item View Item