ANALISA PERBANDINGAN PENJADWALAN PADA PEMBANGUNAN HULL CONSTRUCTION KAPAL HARBOUR TUG S- 141 DAN HARBOUR TUG S-142 DENGAN CRITICAL PATH METHOD

Kusumawardhana, Adhitya (2020) ANALISA PERBANDINGAN PENJADWALAN PADA PEMBANGUNAN HULL CONSTRUCTION KAPAL HARBOUR TUG S- 141 DAN HARBOUR TUG S-142 DENGAN CRITICAL PATH METHOD. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0217030023 - Adhitya Kusumawardhana - Analisa Perbandingan Penjadwalan pada Pembangunan i Hull Construction _i Kapal i Harbour Tug _i S-141 dan i Harbour Tug _i S-142 Dengan i Critical Path Method _i .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan industri galangan kapal di Indonesia mengalami kemajuan pesat. Maka setiap galangan kapal harus mengevaluasi sistem yang digunakan sekarang. Dimana setiap pembangunan kapal baru dilaksanakan dengan baik disertai tepatnya penjadwalan agar tidak ada kerugian dikarenakan keterlambatan penyelesaian proyek. Semakin banyak proyek dikerjakan suatu galangan maka akan semakin sulit pula mengatur schedule atau penjadwalan pembangunan kapal baru yang sesuai dengan kontrak. Maka dibutuhkan penjadwalan yang tepat untuk menangani masalah tersebut. Hal diatas yang melatar belakangi pembuatan Tugas Akhir ini. Dalam pembuatan Tugas Akhir analisa perbandingan penjadwalan pada pembangunan Hull Construction kapal Harbour Tug S-141 dan Harbour Tug S-142 dengan Critical Path Method atau teknik pencarian permasalahan kemudian dilakukan pengumpulan data dengan cara studi literatur dan studi lapangan. Kemudian dilakukan pengolahan data dengan menganalisa penjadwalan yang dibuat oleh pihak galangan, setelah itu merencanakan penjadwalan dengan Critical Path Method dan membandingkan hasil perencanaan yang dibuat. Hasil analisa penjadwalan yang dibuat oleh pihak galangan didapatkan durasi waktu penyelesaian pekerjaan selama 144 hari. Sedangkan perencanaan penjadwalan menggunakan Critical Path Method durasi waktu penyelesaian pekerjaan selama 99 hari. Sehingga hasil dari analisa penjadwalan yang dibuat oleh pihak galangan dan perencanaan penjadwalan dengan menggunakan Critical Path Method, bahwa metode ini yang paling tepat untuk penjadwalan pembangunan konstruksi lambung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Critical Path Method, Hull Construction, Pembangunan kapal, Schedule
Subjects: SB - Teknik Bangunan Kapal > Perbaikan Kapal (Ship Repair)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 28 Jul 2021 08:22
Last Modified: 28 Jul 2021 08:22
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/2729

Actions (login required)

View Item View Item