ANALISIS TEKNIS AKIBAT REPOWERING MESIN PADA KM. XXX PENGANGKUT PERSONEL 46 M

Yuarizky, Irvine (2020) ANALISIS TEKNIS AKIBAT REPOWERING MESIN PADA KM. XXX PENGANGKUT PERSONEL 46 M. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0117030019 - Irvine Yuarizky - Analisis Teknis Akibat i Repowering _i Mesin pada KM. XXX Pengangkut Personel 46 M .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kapal Pengangkut Personel adalah kapal trobosan multi fungsi yang dibangun dengan 2 mesin induk berkapasitas 1100 kW dan memiliki kecepatan 8-10 knot, dan memiliki rute pelayaran se-Indonesia yang tidak pasti. Dengan kecepatan tersebut, kapal ini dirasa kurang efektif jika ada keadaan darurat. Kecepatan baru yang diinginkan cukup signifikan yaitu 20 knot. Proses repowering ini tentunya akan merubah berat dari mesin induk. Hal ini akan mempengaruhi titik berat akibat mesin baru, daya jelajah dan stabilitas kapal. Oleh karenanya perlu dianalisis mulai dari penggambaran model menggunakan maxsurf, kemudian perhitungan berat kapal kembali, kemudian perhitungan hambatan menggunakan maxsurf, pemilihan mesin baru yang cocok, pengecekan kembali daya mesin baru, koreksi freeboard akibat penambahan sarat dan stabilitas kapal setelah repowering menggunakan maxsurf sesuai aturan IMO code on Intact Stability A.749 (18), Ch 3 – design criteria applicable to all ships. Hasil analisis dari perhitungan perubahan bahan bakar yang signifikan dari sebelumnya 19,32 Ton menjadi 94,41 Ton, kecepatan target memenuhi apabila menggunakan mesin berkapasitas 6300 KW dan hasil analisis dari stabilitas kapal setelah repowering kondisi 1 didapatkan nilai GM=1,345 dan pada kondisi 2 didapat nilai GM=1,928. Solusi agar daya jelajah memenuhi seperti sebelumnya adalah dengan melakukan penambahan kapasitas tangki bahan bakar dan pembebanan yang merata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Barras, Bryan dan Derret D.R. (2006). Ship Stability for Masters and Mates. Chenai, India: Elsevier. Hind J. (1967). Trim Stability of Fishing Vessel. Fishing News (books)Ltd. London 120p. IMO .(2008). Intact Stability Code (IMO Res. MSC.267(85)) and cover IACS UR L2. Kayadoe, Willardoe, Dien dan Pamikiran. (2015). Kajian tentang stabilitas KM. Surya Prima yang dibuat di Desa Borgo, Kec. Tanawangko, Kab. Minahasa. Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap 2(1): 19-22. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015) : Bangunan dan Stabilitas Kapal Niaga. Lloyd Register. 1964. Lloyd's Register of Shipping, California: Wyman and sons. Main Power Solution. Caterpillar Catalog. Asia Pacific Pte Ltd. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2016 Tentang Garis Muat Kapal dan Pemuatan. Saputra, Herman. (2012). Analisis Stabilitas dan kekuatan transversal Kapal Penumpang 96 Pax Penyebrangan Muara Angke ke Pulau Tidung. Tugas Akhir, Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Perkapalan. Depok: Universitas Indonesia. Wakidjo, P. (1972). Stabilitas Kapal Jilid II. Penuntun dalam Menyelesaikan Masalah.
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Konstruksi Kapal (Ship Construction)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 28 Jul 2021 03:43
Last Modified: 28 Jul 2021 03:43
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/2698

Actions (login required)

View Item View Item