Optimasi Penjadwalan Docking KN Prajapati dengan Metode CPM dan Non Linear Programming (Studi Kasus di Galangan Kapal)

Suryono, Difanda Pandu Putra (2019) Optimasi Penjadwalan Docking KN Prajapati dengan Metode CPM dan Non Linear Programming (Studi Kasus di Galangan Kapal). Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0315040031 - Difanda Pandu Putra Suryono - Optimasi Penjadwalan Docking KN Prajapati dengan Metode CPM dan Non Linear Programming (Studi Kasus di Galangan Kapal).pdf - Other
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada awal tahun 2018 sebuah industri galangan kapal swasta di Surabaya mendapatkan sebuah proyek dari pemerintah berupa pengedokan kapal milik pemerintah milik badan Navigasi Surabaya yaitu kapal KN. Prajapati. Proyek tersebut akan dimulai pada bulan Mei hingga September 2018. Singkat cerita proses pengedokan kapal telah dimulai dan diluar dugaan mengalami keterlambatan proyek hingga awal Nopember 2018. Metode CPM (Critical Path Method) digunakan untuk menemukan jalur kritis di proyek ini khususnya pada network diagram sehingga pengaturan waktu menjadi lebih efektif dan efisien. Setelah itu dilakukan metode crashing dengan cara penambahan jumlah tenaga kerja agar proyek bisa selesai tepat waktu dan menghindari pembengkakan biaya proyek akibat denda. Kemudian meminimalisasi biaya dengan metode Non Linear Programming dengan pendekatan GRG Nonlinear pada solver. Dari hasil penelitian ini perbandingan antara kurva s awal (realita) dengan kurva s sesudah crashing akan terlihat perbedaan penjadwalan yang lebih efektif. Hasil diperoleh dari pehitungan perencanaan waktu proyek dengan network planning dengan metode Critical Path Method (CPM) diketahui tepat untuk perencanaan waktu dan biaya untuk proyek terkait,karena proyek waktu normal selesai dalam 115 hari dapat di crashing 30 hari menjadi 85 hari, dan biaya normal nya sebesar Rp. 1.132.425.860 dan biaya proyek setelah crashing senilai Rp. 1.038.119.600. Dan dari hasil GRG NonLinear (Non Linear Programming) untuk meminimalisasi biaya yang dihasilkan GRG NonLinear sebesar Rp. Rp.2.782.000 dengan mengurangi biaya langsung proyek total yang dikeluarkan sebesar Rp. 1.036.119.600

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 4955/D4ME-15/2019 _ Lokasi TA : 564
Uncontrolled Keywords: Crashing, Non Linear Programming, Network Planning, Proyek, CPM
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2019 07:31
Last Modified: 24 Jun 2021 08:50
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/2654

Actions (login required)

View Item View Item