Studi Perhitungan Sistem Pengkondisian Udara (HVAC) pada B Deck Kapal Tanker 157 Meter di PT. PAL Indonesia (Persero)

Anisa, Puri Rahayu Studi Perhitungan Sistem Pengkondisian Udara (HVAC) pada B Deck Kapal Tanker 157 Meter di PT. PAL Indonesia (Persero). [Tugas Akhir]

[img] Text
0316030014 - Anisa Puri Rahayu - Studi Perhitungan Sistem Pengkondisian Udara (HVAC) pada B _i_Deck__i_ Kapal Tanker 157 Meter di PT. PAL Indonesia (Persero).pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

B deck atau istilah lainnya yakni bridge deck pada Kapal Tanker Pertamina di PT. PAL Indonesia (Persero) merupakan tempat untuk mengemudikan kapal, dimana alat-alat navigasi seperti radio, radar dan lain sebagainya ditempatkan. Selain itu B deck juga merupakan tempat nahkoda dan crew deck bekerja dalam mengoperasikan kapal. Untuk pemenuhan kenyamanan dalam bekerja para crewnya, maka dibutuhkan pengkondisian udara yang baik didalamnya. Salah satu metode dalam perancangan sistem pengkondisan udara dimulai dengan menghitung beban pendingin menggunakan metode CLTD (Cooling Load Temperature Difference), menghitung beban koil, memilih spesifikasi water cooled chiller, menghitung diameter saluran dengan metode static regain lalu menggambar sistem pengkondisian udaranya. Pada perhitungan dengan metode CLTD diperoleh hasil bahwa beban pendingin (cooling load) sensibel pada ruangan (RSCL) sebesar 1158861,1 BTU/hr dan beban pendingin (cooling load) latennya (RLCL) sebesar 17848,9 BTU/hr. selain itu temperatur evaporator yang sesuai pada pendingin ruangan adalah 41 o F Pada pemilihan water cooled chiller, beban AHU yang digunakan sebesar 180.000 BTU/hr dengan model TCW-15NAK1D. Perancangan saluran distribusi udara menggunakan metode static regain dengan low velocity system. Jumlah diffuser pada masing-masing ruangan di B deck kapal adalah satu, sehingga total diffuser yang digunakan sebanyak 16 buah dengan debit masingmasing udara pada diffuser berbeda-beda.

Item Type: Tugas Akhir
Additional Information: No. Inventaris : 4916/D3ME-16/2019 _ Lokasi TA : 525
Uncontrolled Keywords: Beban pendingin, metode CLTD, diffuser
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2019 02:50
Last Modified: 12 Dec 2019 02:50
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/2604

Actions (login required)

View Item View Item