Perubahan Parameter Pengelasan pada Fabrikasi Atap Gerbong Kereta Eksekutif terhadap Total Distortion, Effective Stress dan Heat Distribution

Ardiansyah, Maulana Riza (2019) Perubahan Parameter Pengelasan pada Fabrikasi Atap Gerbong Kereta Eksekutif terhadap Total Distortion, Effective Stress dan Heat Distribution. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0715040047 - Maulana Riza Ardiansyah - Perubahan Parameter Pengelasan Pada Fabrikasi Atap Gerbong Kereta Eksekutif Terhadap _i_Total Distortion_i__, _i_Effective Stress_i__, dan _i_Heat Distribution_i__.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Deformasi pada proses pengelasan pasti terjadi pada material. Terutama pada pengelasan sheet. Salah satu cara untuk mengurangi deformasi yaitu dengan cara melakukan perubahan pada parameter pengelasan. Namun, apabila dibuat spesimen dalam skala lab deformasi yang terjadi akan tidak sama dengan skala sebenarnya sehingga digunakan simulator pengelasan untuk melakukan perubahan parameter pengelasan dan melihat pengaruh dari perubahan parameter tersebut. Adapun parameter pengelasan yang diubah dalam penelitian ini adalah kuat arus pengelasan dan travel speed. Pengelasan dilakukan pada material SUS 304 dengan SUS 304, dan disimulasikan menggunakan perangkat lunak Simufact Welding V6.0 serta diamati pengaruhnya terhadap total distortion, effective stress, dan heat distribution. Penelitian ini dilakukan beberapa tahapan yaitu pembuatan design dengan menggunakan aplikasi Solidwork, kemudian dilakukan proses meshing dengan menggunakan MSC Patran 2010, baru kemudian dilakukan simulasi dengan MSC Simufact Welding V6.0. Dari penelitian ini dapat diketahui pengaruh perubahan kuat arus dan travel speed terhadap Total Distortion, effective stress, dan heat distribution menggunakan perangkat lunak. Semakin tinggi arus yang digunakan maka Total Distortion, effective stress, dan heat distribution yang dihasilkan akan semakin tinggi, namun sebaliknya semakin tinggi travel speed maka total distortion, effective stress, dan heat distribution yang dihasilkan akan semakin rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No inventaris:5228/TL-15/2019_Lokasi Ta: 371
Uncontrolled Keywords: Total Distortion, Effective Stress, Heat distribution, Welding Simulator, Perbandingan Parameter Las.
Subjects: TPL - Teknik Pengelasan > Pengelasan (Welding)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Pengelasan
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2019 04:09
Last Modified: 29 Jun 2021 08:54
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/2525

Actions (login required)

View Item View Item