Pengaruh Rasio Kompresi terhadap Performa dan Emisi Gas Buang pada Mesin Diesel Dual Fuel Diesel-CNG

Mawuntu, Nadya Novarizka (2019) Pengaruh Rasio Kompresi terhadap Performa dan Emisi Gas Buang pada Mesin Diesel Dual Fuel Diesel-CNG. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0515040065 - Nadya Novarizka Mawuntu - Pengaruh Rasio Kompresi terhadap Performa dan Emisi Gas Buang pada Mesin Diesel _i_Dual Fuel__i_ Diesel-CNG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman, berbagai penelitian telah dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan pencemaran udara dan kelangkaan sumber bahan bakar fosil. Objek dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variable compression ratio (VCR) pada performa dan emisi gas buang mesin diesel dual fuel diesel-CNG. Performa yang dianalisa dalam penelitiain adalah Brake Spesific Energy Consumption (BSEC). Sedangkan, kandungan emisi gas buang yang akan dianalisa meliputi asap (smoke), oksida nitrogen (NOx), karbon dioksida (CO 2 ), karbon monoksida (CO), dan hidrokarbon total (THC). Penelitian dilakukan dengan menggunakan mesin diesel 4 langkah, 1 silinder dengan variasi rasio kompresi kompresi (VCR) 18 dan 15, pada mode dual fuel dan diesel konvensional. Bahan bakar diesel cair (pilot fuel) diinjeksikan pada tekanan tetap 1200 MPa sedangkan CNG diinjeksikan pada tekanan 0.6 MPa. Mesin dioperasikan dengan 5 variasi beban dan kecepatan 1500 rpm. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa mesin diesel dual fuel memiliki nilai Brake Spesific Fuel Consumption (BSEC) yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mesin diesel konvensional. Penelitian menunjukkan kenaikan nilai BSEC terhadap penurunan rasio kompresi yang terjadi pada semua kondisi beban mesin diesel konvensional, dengan kenaikan sebesar 1.27%, 13.35%, 18.04%, 3.9%. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penambahan CNG pada mesin diesel dengan mode pembakaran dual fuel dapat menurunkan kandungan asap pada emisi gas buang mesin diesel. Dari hasil percobaan, didapatkan penurunan rasio kompresi dapat menurunkan emisi total hidrokarbon dan karbon dioksida hingga sebesar 19%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5061/K3-15/2019 _ Lokasi TA : 714
Uncontrolled Keywords: Mesin diesel, Dual fuel combustion (DFC), Variable compression ratio (VCR), Brake specific energy consumption (BSEC), Emisi Gas Buang
Subjects: K3 - Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja > Identifikasi Bahaya dan Manajemen Risiko (Hazard Identification and Risk Management)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Keselamatan dan Kesehatan kerja
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 02 Dec 2019 08:03
Last Modified: 19 Jul 2021 09:09
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/2436

Actions (login required)

View Item View Item