Perancangan Sistem Kendali dan Monitoring Truk Tanpa Awak untuk Pengantar Peti Kemas Otomatis dengan Metode Fuzzy Logic

Handika, Muhamad Surya (2019) Perancangan Sistem Kendali dan Monitoring Truk Tanpa Awak untuk Pengantar Peti Kemas Otomatis dengan Metode Fuzzy Logic. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0915040036 - Muhamad Surya Handika - Perancangan Sistem Kendali dan Monitoring Truk Tanpa Awak untuk Pengantar Peti Kemas Otomatis dengan Metode _i_Fuzzy Logic_i_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sebagai salah satu pelabuhan terminal peti kemas di Surabaya, PT. Terminal Teluk Lamong juga harus menghadapi masalah kecelakaan kerja yang tinggi. Lebih jauh lagi, catatan perusahaan menunjukkan bahwa sebagian besar dari kecelakaan yang terjadi diakibatkan oleh kesalahan manusia. Sejumlah data statistik juga menunjukkan bahwa mayoritas kecelakaan kerja pada sektor industri maritim berkaitan dengan kesalahan manusia (Puspa, 2018). Dalam hal ini pekerjaan sebagai sopir truk pengantar peti kemas di Terminal Teluk Lamong merupakan sebuah pekerjaan yang memiliki resiko yang cukup besar, karena dalam bidang ini dibutuhkan tingkat kewaspadaan yang cukup tinggi, karena jika kurang waspada dapat menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan seperti menabrak pembatas jalan, menabrak peti kemas yang berada di penumpukan dan lain sebagainya. Dengan adanya masalah tersebut tujuan dari penelitian ini adalah melakukan perancangan sistem kendali otomatis berbasis kompas dan Encoder pada truk tanpa awak. Memanfaatkan truk tanpa awak dengan sistem navigasi kompas dan Encoder akan lebih efektif dalam segi waktu, biaya dan keselamatan pekerja. Sistem kendali berbasis kompas selain sebagai kendali motor servo juga mampu sebagai monitoring truk secara otomatis dengan menggunakan Mikrokontroler sebagai penghubung sistem monitoring untuk menampilkan nilai pada kompas yaitu (utara, selatan, barat, dan timur) pada aplikasi Android dan Encoder untuk menentukan jarak tempuh atau waypoint. Truk digerakkan oleh 2 motor, motor DC sebagai penggerak utama dan motor servo untuk mengarahkan kendali (roda depan) truk sesuai tujuan yang telah ditentukan berdasarkan waypoint. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu dapat merancang sistem kontrol (kendali) dan pemantauan otomatis. Dan adapun hasil persentase keberhasilan pada pengujian sistem secara keseluruhan yaitu 83,3%. Untuk monitoring pembacaan nilai sensor pada aplikasi HP Android tergantung dengan sinyal wifi yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No inventaris: 5325/TO-15/2019_Lokasi Ta: 324
Uncontrolled Keywords: Kompas, Encoder, Waypoint, Mikrokontroler, Android
Subjects: TO - Teknik Otomasi > Rancang Bangun Sistem Otomasi
Divisions: Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal > D4 Teknik Otomasi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 02 Dec 2019 03:24
Last Modified: 30 Jun 2021 06:16
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/2420

Actions (login required)

View Item View Item