Putra, Kevin Widiaksanu (2019) Analisa Perubahan Kemudi Meletak Menjadi Kemudi Menggantung Pada Kapal LCU ADRI - L1 1500 Ton Ditinjau Dari Segi Konstruksi Buritan Kapal. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
Text
0116030025 - Kevin Widiaksanu Putra - Analisa Perubahan Kemudi Meletak Menjadi Kemudi Menggantung Pada Kapal LCU ADRI - L1 1500 Ton Ditinjau Dari Segi Konstruksi Buritan Kapal.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kapal Landing Craft Ultility (LCU) ADRI-L1 1500 ton adalah kapal perang yang mengangkut tank leopart dan truck berisi amunisi, kapal ini memiliki rumdoor pada bagian depan sehingga untuk menurunkan kendaraan kodisi kapal memanjang. Kapal LCU ini menggunakan jenis kemudi meletak dan kapal ini tidak selamanya akan menurunkan muatan di dermaga bisa saja dipulau. Pada hal itu terpikirkan kekhwatiran sepatu kemudi menatap dasar laut. Maka diangkatlah analisa perubahan jenis kemudi meletak menjadi kemudi menggantung. Pada perubahan jenis kemudi ini pastinya akan terjadi perubahan pada kompoen kemudi, beban badan daun kemudi dan konstruksi bagian ceruk buritan khususnya pada konstruksi alas. Hal itu dikarena beban pada badan daun kemudi meletak dibantu oleh sepatu kemudi sedangkan beban pada badan daun kemudi menggantung tidak dibantu. Pada proses perubahan ini dilakukan perhitungan kemudi untuk mengetahui perubahan komponen kemudi, mengetahui perubahan beban konstruksi alas agar bisa dimasukkan kedalam perhitungan konstruksi ceruk buritan. Setelah perhitungan yang dilakukan diketahui komponen yang berubah berupa bantalan kemudi dan pelepasan pada sepatu kemudi, perubahan pada konstruksi alas dasar dari 51,605 kN/m ix 3 menjadi 99,29 kN/m dan konstruksi alas dasar dalam dari 66,22 kN/m 3 menjadi 86,62 kN/m yang disebabkan pembuangan sepatu kemudi disepatu kemudi, Pada konstruksi ceruk buritan penambahan penebalan pada konstruksi alas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | No. Inventaris : 4840/D3DC-16/2019 _ Lokasi TA : 484 |
Uncontrolled Keywords: | Kapal LCU ADRI – L1 1500 Ton, Konstruksi Ceruk Buritan, Kemudi Meletak, Kemudi Menggantung, Beban. |
Subjects: | DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Interior Kapal (Ship Desain Interior) |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 07:09 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 02:25 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/2344 |
Actions (login required)
View Item |