Analisis Respon Struktur Konstruksi Shaft Bracket Tipe V Poros Propeller KM. Sabuk Nusantara 72 Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga

Ainun, Hanna Analisis Respon Struktur Konstruksi Shaft Bracket Tipe V Poros Propeller KM. Sabuk Nusantara 72 Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga. [Tugas Akhir]

[img] Text
0115040019 - Ainun Hanna - Analisis Respon Struktur Konstruksi _i_Shaft Bracket_i_ Tipe V Poros _i_Propeller_i_ KM. Sabuk Nusantara 72 Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kapal jenis perintis adalah objek yang digunakan pada penelitian ini. Pada kapal perintis ini, posisi mesin berada sedikit menengah, sehingga mesin tersebut menggunakan poros yang panjang, yaitu terdiri dari poros antara dan poros propeller. Akibat dari bentuk poros yang panjang tersebut, maka dibutuhkan penyangga yang biasa disebut shaft bracket. Shaft bracket harus cukup tangguh dan cukup kaku untuk meniadakan getaran dan menyerap getaran yang disebabkan oleh kinerja poros baling-baling. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, analisis ini dilakukan untuk mengetahui respon struktur shaft bracket terhadap pembebanan dinamis seperti halnya pembebanan dalam arah longitudinal berupa gaya dorong kapal yang timbul, dan juga pembebanan torsionalnya berupa momen torsi yang ditransmisikan poros dari mesin utama ke propeller kapal. Untuk menyelesaikan penelitian ini, metode yang digunakan adalah analisis model dengan simulasi pada software ANSYS Workbench 17.2 untuk mencari frekuensi natural poros propeller, menggunakan Modal Analysis, serta mengetahui respon serta kondisi struktur shaft bracket akibat pengaruh pembebanan yang diberikan dengan menggunakan Harmonic Response Analysis.Meninjau pada hasil analisis frekuensi natural yang telah dilakukan, pada struktur ini tidak ada indikasi terjadinya resonansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tegangan maksimum terjadi pada bagian arm dengan nilai 132.86 MPa, sedangkan deformasi maksimum menunjukkan nilai sebesar 2.2993 mm dan terjadi pada bagian yang sama yaitu arm. Nilai tegangan dan deformasi maksmum tersebut terjadi pada frekuensi 183.29 Hz pada mode ke 7 dari keseluruhan mode. Dari hasil analisis dan perhitungan, diperoleh nilai faktor keamanan atau safety factor untuk struktur v-bracket yaitu sebesar 1.061.

Item Type: Tugas Akhir
Additional Information: No. Inventaris : 4860/D4DC-15/2019 _ Lokasi TA : 504
Uncontrolled Keywords: poros propeller, shaft bracket, frekuensi natural, getaran propulsi, Metode Elemen Hingga.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 21 Nov 2019 06:00
Last Modified: 21 Nov 2019 06:00
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/2275

Actions (login required)

View Item View Item