Analisa Proses Replating pada Kapal MV. Meratus Borneo Di PT. PAL Indonesia (Persero)

Fahruddin, Ahmad (2019) Analisa Proses Replating pada Kapal MV. Meratus Borneo Di PT. PAL Indonesia (Persero). Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0216030016 - Ahmad Fahruddin - Analisa Proses Replating pada Kapal MV. Meratus Borneo Di PT. PAL Indonesia (Persero).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ix ANALISA PROSES REPLATING PADA KAPAL MV. MERATUS BORNEO DI PT. PAL INDONESIA (PERSERO) Ahmad Fahruddin ABSTRAK MV. Meratus Borneo merupakan kapal muatan container yang melakukan emergency docking di PT. PAL INDONESIA (Persero) diakibatkan kapal mengalami kandas di perairan Pulau Madura sehingga kondisi kapal tidak memungkinkan untuk meneruskan perjalanan pengiriman muatan container ke tempat tujuan. Selama 11 hari kapal kandas di perairan Pulau Madura menunggu bantuan tug boat untuk di pandu ke Dock Irian PT. PAL INDONESIA (Persero). MV. Meratus Borneo adalah kapal container dengan klasifikasi Nippon Kaiji Kyokai (NKK) dan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) dengan IMO9408657 mengalami kerusakan pada beberapa bagian disebabkan peristiwa kandas. Beberapa bagian lambung pada bagian portside mengalami deformasi, sehingga oleh pilak klasifikasi diajurkan untuk di lakukan replating pada pelat–pelat yang deformasinya melebihi toleransi standart klasifikasi. Pembagian perhitungan material, elektroda, dan jam orang berdasarkan ketebalan pelat. Adapun perhitungan estimasi kebutuhan material dibagi berdasarkan ketebalan pelat. Perhitungan pada pelat dengan tebal 12 mm seberat 358,9 kg sehingga lembar pelat yang dibutuhkan sejumlah 1 lembar. Sedangkan perhitungan pelat dengan tebal 10 mm seberat 18980,02 kg sehingga lembar pelat yang dibutuhkan sejumlah 22 lembar pada reparasi perbaikan portside kapal MV. Meratus Borneo. Total kebutuhan elektroda FCAW menurut perhitungan berdasarkan perhitungan volume, nilai G, dan nilai GL sebanyak 12 box yang berisi 15 kg/box. Lama pengerjaan dan jam orang yang dibutuhkan pada pembangunan portside bagian lajur keel, Bottom Cover As. Propeller, C, D, dan E ini adalah 14 hari dengan jumlah JO sejumlah 4800,18.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No inventaris: 4882/SB-16/2019_Lokasi TA:298
Uncontrolled Keywords: kapal, elektroda, material, portside, replating.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 21 Nov 2019 02:39
Last Modified: 21 Jun 2021 05:49
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/2249

Actions (login required)

View Item View Item