Analisa Kualitas Pelayanan Bongkar Muat Kapal PT. Dermaga Harapan Jaya Menggunakan Metode Servqual Dan Importance Performance Analysis (IPA)

Utomo, Lutfi Prasetyo (2019) Analisa Kualitas Pelayanan Bongkar Muat Kapal PT. Dermaga Harapan Jaya Menggunakan Metode Servqual Dan Importance Performance Analysis (IPA). Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
1115040030 - Lutfi Prasetyo Utomo - Analisa Kualitas Pelayanan Bongkar Muat Kapal PT. Dermaga Harapan Jaya Menggunakan Metode _i_Servqual__i_ Dan _i_Importance Performance Analysis__i_ (IPA).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PT. Dermaga Harapan Jaya (DHJ) merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang bongkar muat barang atau disebut Perusahaan Bongkar Muat (PBM). Selama 5 tahun terakhir dari tahun 2014 sampai 2018, PT. DHJ mengalami penurunan jumlah bongkar muat kapal. Kinerja bongkar muat PT. DHJ tahun 2017 masih banyak yang tidak mencapai standart bongkar muat yang ditetapkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Nomor UM.002/38/18/DJPL-11. Metode yang digunakan pada penlitian ini Servqual dan Importance Performance Anlaysis. Hasil penelitian ini dengan metode servqual menghasilkan seluruh atribut pelayanan bernilai negatif. Nilai gap terbesar Penataan muatan di alat angkut sebesar -1.264706 dan nilai gap terkecil Pegawai PT. DHJ memahami kebutuhan dan mendengarkan keluhan dari pelanggan sebesar -0.235294. Hasil diagram Importance Performance Analysis menghasilkan 5 atribut yang termasuk dalam kuadran I (prioritas perbaikan) yaitu yaitu masih banyaknya barang yang rusak setelah dibongkar, penataan muatan di alat angkut yang tidak tertata rapi dan berlebihan, tenaga kerja bongkar muat (TKBM) dan pegawai PT. DHJ terlambat datang sebelum melakukan kegiatan bongkar muat, masih ada pegawai yang tidak menggunakan APD secara lengkap, dan pegawai PT. DHJ dalam memberikan informasi belum jelas dalam penyampaiannya. Hasil usulan prioritas perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan bongkar muat PT. DHJ ada 14 usulan perbaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No Inventaris : 5398/MB-15/2019_Lokasi TA : 48
Uncontrolled Keywords: Bongkar Muat Kapal, Kualitas Pelayanan, Metode Servqual, Importance Performance Analysis
Subjects: MB - Manajemen Bisnis > Manajemen Operasi dan Produksi
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Manajemen Bisnis Maritim
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2019 03:52
Last Modified: 29 Jun 2021 06:52
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/2193

Actions (login required)

View Item View Item