Analisa Teknis Pengaruh Penggantian Daya Motor Penggerak dari 5970 kW menjadi 5760 kW pada Kecepatan Kapal

Jennifer, Widyastuti (2015) Analisa Teknis Pengaruh Penggantian Daya Motor Penggerak dari 5970 kW menjadi 5760 kW pada Kecepatan Kapal. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK KRI.FATAHILAH (361) memiliki dua mesin diesel dengan kecepatan jelajah 21 knot dan sebuah turbin gas yang sanggup mendorong hingga kecepatan 30 knot. Awalnya kapal memiliki dua mesin d iesel jelajah bertenaga 8000 HP atau 5970.149 kW, kini akan diganti dengan mesin diesel yang bertenaga 7724.16 HP atau 5760 kW. Sehingga diperlukan untuk menghitung nilai tahanan total agar dapat mengetahui daya yang dibutuhkan dan juga perubahan kecepatan akibat penggantian mesin induk. Dalam menentukan tahanan total pada kapal ini menggunakan metode Holtrop, perhitungan manual maupun Hullspeed. Sehingga dihasilkan tahanan total dan daya mesin induk berdasarkan variasi kecepatan dan efisiensi propeller. Kemudian menginterpolasikan nilai tahanan total yang didapat dari mesin induk yang terpasang dengan hasil tahanan yang telah divariasikan. Maka kecepatan kapal dapat diketahui. Dari hasil perhitungan tahanan total, daya mesin induk hingga interpolasi didap atkan besar perubahan kecepatan dari 21 Knot menjadi 20.41 – 20.78 Knot. ABSTRACT KRI.FATAHILAH (361) has two diesel engines with a cruising speed of 21 knots and a gas turbine that is capable of pushing up to a speed of 30 knots. Initially the boat has two engines of 8000 HP diesel-powered cruising or 5970,149 kW, will now be replaced with diesel-powered engines 7724.16 HP or 5760 kW. So it is necessary to calculate the total resistance value in order to determine the required power and speed changes due to the replacement of main engine. In determining the total resistance on the ship using Holtrop, manual calculations or Hullspeed. So that the resulting total resistance and main engine power based on variations in the speed and efficiency of the propeller. Then interpolation total resistance value obtained from the parent machine installed with prisoners who had varied results. Then the speed of the ship is known. From the calculation of total resistance, main engine power to obtain substantial interpolation changes the speed of 21 knots becoming 20:41 - 20.78 Knot.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 29 Aug 2018 03:52
Last Modified: 29 Aug 2018 03:52
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item View Item