DESAIN SISTEM CO2 PADA KAPAL JENIS UTILITY VESSEL DI PT.ORELA SHIPYARD

Muhammad Rifa’I, Aziz (2015) DESAIN SISTEM CO2 PADA KAPAL JENIS UTILITY VESSEL DI PT.ORELA SHIPYARD. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utility Vessel (S22) merupakan kapal penunjang seperti halnya kapal lain. Kapal ini dipasang instalasi sistem pemadam dengan menggunakan gas CO2 , untuk kenyamanan ABK yang berada di kamar mesin. Agar sistem pemadam dengan menggunakan gas CO 2 ini terinstal dengan baik, maka digunakan aturan-aturan menurut standart SOLAS dan BKI. Pada pembahasan tugas akhir ini, akan membahas tentang desain sistem CO2 dan jumlah tabung yang dibutuhkan untuk mensuplay gas CO 2 ke kamar mesin juga diperhitungkan. Waktu pelepasan gas CO2 dari ruang CO 2 menuju ke kamar mesin juga diperhitungkan, serta menentukan penempatan pintu kedap di kamar mesin. Berdasarkan desain dan perhitungan sistem pemadam dengan menggunakan gas CO2 pada Utility Vessel (S22), dapat diketahui kebutuhan massa gas CO2 yang dibutuhkan untuk mensuplay gas CO 2 yaitu 131,143 kg. Jumlah tabung yang dibutuhkan adalah 3 buah tabung, satu buah tabung memiliki berat isi 45 kg. Type tabung yang dipakai adalah Sonick SKC 045. Sedangkan untuk waktu pelepasan gas CO 2 dari ruang CO2 ke kamar mesin adalah 5,9319 detik. Untuk penempatan pintu kedap di kamar mesin adalah terletak di sekat depan kamar mesin tepat pada Centre Line. Kata kunci : Sistem Pemadam CO2 , Kamar Mesin, Standart SOLAS, dan BKI ABSTRACT Utility Vessel (S22) is supporting the ship as well as other ships. This vessel mounted installation extinguishing system using CO 2 gas, to comfort the crew was in the engine room. In order extinguishing systems using CO 2 gas is installed properly, it is used according to the standard rules of SOLAS and BKI. In the discussion of this thesis, will discuss the CO2 system design and the number of cylinders required for CO2 gas supplied to the engine room is also taken into account. Time release CO2 gas from CO2 room leading to the engine room is also taken into account, as well as determine the placement of watertight doors in the engine room. Based on the design and calculation of extinguishing systems using CO2 gas in the Utility Vessel (S22), it is known the needs of the mass of CO 2 gas required for the gas supplied CO 2 is 131,143 kg. The number of cylinders required is 3 pieces of cylinder, one piece cylinder has a weight of 45 kg. Type cylinder used is ECD - 45. As for the time of release of CO 2 gas from CO 2 room into the engine room is 5,9319 seconds. For the placement of watertight doors in the engine room is in the front bulkhead of engine room right on Centre Line. Keyword : CO2 Fire System, Engine Room, Standard SOLAS, and BKI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 29 Aug 2018 03:49
Last Modified: 29 Aug 2018 03:49
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/215

Actions (login required)

View Item View Item