PENGARUH PENAMBAHAN BLADE PADA INTAKE VALVE UNTUK OPTIMASI SWIRL PADA DIESEL DENGAN SIMULASI CFD

Arif, Nurudin Luqman (2018) PENGARUH PENAMBAHAN BLADE PADA INTAKE VALVE UNTUK OPTIMASI SWIRL PADA DIESEL DENGAN SIMULASI CFD. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0314040030 - Nurudin Luqman Arif - Pengaruh Penambahan Blade pada Intake Valve untuk Optimasi Swirl pada Diesel dengan Simulasi CFD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Karena pentingnya pembatasan emisi gas buang di masa depan dan mencari bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, desain motor pembakaran dalam terus menerus memperbaiki proses pembakaran yang bertujuan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang mesin. Swirl adalah pola aliran gerak udara yang turbulen selama proses hisap dimana mempengaruhi proses pencampuran dan pembakaran bahan bakar udara. Penelitan ini menggunakan metode Computional Fluid Dynamic. Terdapat 9 model variasi pada penelitian ini yaitu menambahkan blade pada head intake valve dengan sudut kemiringan 90°, 60°, 30° dan jumlah daun blade 2, 3, 4 buah dengan konfigurasi 180°, 120°, 90°. Model variasi tersebut digunakan untuk meneliti perubahan karakteristik fluida (kecepatan, temperatur, dan tekanan) yang mengalir melewati model variasi dan pengaruh perubahan nilai swirl ratio pada setiap model intake valve yang berdampak pada proses pembakaran. Dari hasil penelitian didapat model penambahan blade yang didapat meliputi model 90M2, 90M3, 90M4, 60M2, 60M3, 60M4, 30M2, 30M3 dan 30M4. Penurunan kecepatan udara terdapat pada model 30M4 yaitu sebesar 10.668 m/s, 6.723 m/s, dan 5.91 m/s. Temperatur udara mengalami kenaikan paling besar pada model 30M4 yaitu sebesar 300.004 K, 300.055 K, dan 300.053 K. Kenaikan tekanan udara tertinggi terletak pada model 30M4 yaitu sebesar 99,100 Pa, 99,138 Pa, dan 99,144 Pa. Penurunan swirl ratio terendah terdapat pada model 60M4 yaitu sebesar 0.1 dan didapatkan swirl ratio tertinggi dari model variasi yaitu 0.29 yang terdapat pada model 90M3 dan 30M4.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 4267/ME-14/2018 Lokasi : 490
Uncontrolled Keywords: CFD, Diesel, Swirl
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2019 07:18
Last Modified: 21 Jul 2021 03:34
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1835

Actions (login required)

View Item View Item