Perbandingan PWHT Variasi Holding Time dengan Temper Bead Welding Pada Material SM490A Hasil Pengelasan GMAW Terhadap Sifat Mekanik dan Struktur Mikro

Erdyansyah, Adinata Perbandingan PWHT Variasi Holding Time dengan Temper Bead Welding Pada Material SM490A Hasil Pengelasan GMAW Terhadap Sifat Mekanik dan Struktur Mikro. [Tugas Akhir]

[img] Text
0714040046 - Erdyansyah Adinata - Perbandingan PWHT Variasi Holding Time dengan Temper Bead Welding Pada Material SM490A Hasil Pengelasan GMAW Terhadap Sifat Mekanik dan Struktur Mikro.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Bogie kereta api merupakan salah satu bagian yang sangat penting, karena bogie menahan beban yang ada pada suatu gerbong kereta api. Karena sifatnya yang sangat penting tadi maka bogie kereta api harus memiliki sifat dan kekuatan yang baik. Untuk memperoleh sifat dan kekuatan yang baik maka perlu dilakukan perlakuan panas. Dalam hal ini menggunakan PWHT. Pada penelitian ini dibandingkan PWHT dengan pengelasan teknik Temper Bead Welding. Material SM490A merupakan salah satu jenis baja yang tergolong baja High strength low alloy. Baja jenis ini memiliki kekuatan tarik yang tinggi. Suatu baja yang memiliki kekuatan tarik yang tinggi, maka nilai kekerasan dari suatu baja tersebut tinggi juga. Apabila suatu material memiliki nilai kekerasan yang tinggi, maka material tersebut sudah dipastikan mudah mengalami retak. Agar dapat menurunkan resiko terjadinya retak maka dilakukan proses PWHT ini. Namun proses PWHT memerlukan biaya yang cukup banyak dan kurang efisien, berdasarkan itu maka dibandingkan dengan teknik Temper Bead Welding yang memiliki fungsi sama dengan halnya PWHT. Setiap proses perlakuan panas tidak selalu menghasilkan hasil yang sama, tergantung suhu dan holding time yang digunakan. Dalam hal ini yang diteliti adalah Variasi lama waktu penahanan dibandingkan terhadap nilai kekerasan dan kuat tariknya masing-masing dari setiap variasi. Dibandingkan dengan teknik pengelasan Temper Bead Welding. Hasil dari pengujian tarik dari spesimen TBW mendekati dengan hasil pengujian tarik spesimen PWHT, dan dilihat dari pengujian struktur mikro pengelasan menggunakan teknik TBW menghasilkan bentuk struktur yang halus dan bergaris tajam pada batas butirnya.

Item Type: Tugas Akhir
Additional Information: No. Inventaris : 4621/TL-14/2018 _Lokasi TA : 313
Uncontrolled Keywords: Boggie kereta api, Controlled Deposition Technique, SM 490A, , Temper Bead Welding
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > Teknik Pengelasan
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2019 04:24
Last Modified: 10 Jul 2019 04:24
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1825

Actions (login required)

View Item View Item