ANALISA PERFORMA LPG PUMP DENGAN INSTALASI PARALEL (P-110, P-120, P-140) PADA SISTEM DISTRIBUSI LPG DI PT.OPSICO TERMINAL LPG SEMARANG

Pratama, Ardhi Putra (2018) ANALISA PERFORMA LPG PUMP DENGAN INSTALASI PARALEL (P-110, P-120, P-140) PADA SISTEM DISTRIBUSI LPG DI PT.OPSICO TERMINAL LPG SEMARANG. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0315030028 - Ardhi Putra Pratama - Analisa Performa Lpg Pump Dengan Instalasi Paralel (P-110, P-120, P-140) Pada Sistem Distribusi Lpg Di PT.Opsico Terminal Lpg Semarang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Setelah 9 tahun beroperasi, Terminal LPG Semarang banyak dijumpai antrian panjang truk tanki dalam menerima penyaluran LPG. Oleh karena itu dilakukan studi dan observasi lapangan yang bertujuan menganalisa dan mengevaluasi perhitungan Performa LPG Pump untuk mengetahui daya dan efisiensi serta perhitungan daya aktual operasional pompa dengan instalasi tiga pompa paralel. Terminal LPG Semarang memiliki empat buah LPG pump yaitu P110 ; P-120 ; P-130 ; P-140 yang disusun secara paralel. Pemasangan pompa secara paralel bertujuan untuk menambah debit yang dihasilkan oleh pompa, dengan demikian dapat diperoleh efisiensi waktu yang lebih cepat saat melakukan pendistribusian LPG. Atas dasar pernyataan tersebut maka efisiensi performa pompa untuk membangkitkan tekanan fluida (LPG) dari tangki menuju filling shed yang nantinya akan disalurkan ke truk tanki harus maksimum. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan head total pompa LPG Pump P-110, P-120 & P-140 adalah 25,172 m. Hasil perhitungan daya hidrolik pompa yang dihasilkan adalah 26,963 kW. Berdasarkan hasil perhitungan daya motor penggerak yang diberikan untuk menggerakkan ketiga pompa adalah 128,750 kW Efisiensi kinerja LPG Pump P-110, P-120 & P-140 adalah 20,942 % Efisiensi LPG Pump setelah beroperasi selama ± 9 tahun telah mengalami banyak penurunan yang signifikan dari kondisi awal yaitu dari 59,51 % menjadi 20,942 %, dari hasil analisa tersebut dapat diketahui bahwa penyebab antrian truk dalam melakukan penyaluran LPG ialah menurunnya efisiensi kerja LPG Pump.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 4213/ME-15/2018 Lokasi : 436
Uncontrolled Keywords: Daya Pompa, Efisiensi Pompa, Head Loss, LPG Pump
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2019 03:45
Last Modified: 19 Jun 2021 14:28
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1744

Actions (login required)

View Item View Item