Analisa Teknis dan Ekonomis Proteksi Perlindungan Pipa Crossing Rel Kereta Api di KP 0 020 Jaringan Pipa Transmisi Gas Gresik - Semarang

Muhamad, Fatih Zacky Jazuli Analisa Teknis dan Ekonomis Proteksi Perlindungan Pipa Crossing Rel Kereta Api di KP 0 020 Jaringan Pipa Transmisi Gas Gresik - Semarang. [Tugas Akhir]

[img] Text
0814040048 - Muhamad Fatih Zacky Jazuli - Analisa Teknis dan Ekonomis Proteksi Perlindungan Pipa Crossing Rel Kereta Api di KP 0 020 Jaringan Pipa Transmisi Gas Gresik - Semarang.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pipeline merupakan jalur aliran pipa yang berfungsi untuk mengalirkan fluida dari suatu tempat ke tempat yang lain dengan jarak tertentu. Pipeline GreSem merupakan jalur perpipaan yang dirancang untuk mengalirkan gas dari Gresik menuju Semarang dengan jarak sekitar 267 km. Sepanjang jalur perpipaan tersebut melewati beberapa bangunan existing diantaranya rel kereta api. Pipeline crossing rel kereta api memiliki panjang 10 m dan melewati rel single track. Proteksi perlindungan agar pipa tersebut terhindar dari kerusakan yang diakibatkan dari beban yang melewati. Dalam melakukan proteksi perlindungan pada pipeline crossing terdapat dua metode yaitu, cased pipe dan uncased pipe. Untuk memilih metode proteksi perlindungan pipeline crossing diperlukan perhitungan teknis diantaranya perhitungan tegangan akibat internal load, external load dan live load. Sehingga didapatkan nilai tegangan effective. Selain itu, untuk memilih metode proteksi perlindungan pada pipeline crossing dibutuhkan perhitungan kebutuhan biaya yang meliputi kebutuhan biaya material, equipment dan manpower. Dari hasil perhitungan tegangan didapatkan bahwa nilai tegangan efektif pada cased pipe lebih kecil dari nilai tegangan efektif pada uncased pipe. Sedangkan kebutuhan biaya yang diperlukan untuk instalasi pipeline crossing dengan menggunakan metode uncased pipe sebesar Rp. 484,926,736.00. dan kebutuhan biaya pada cased pipe sebesar Rp. 512,161,792.00 Berdasarkan perhitungan tegangan dan kebutuhan biaya didapatkan bahwa metode cased pipe lebih direkomendasikan untuk instalasi pipeline crossing rel kereta api dikarenakan nilai tegangan pada cased pipe lebih baik meskipun biaya yang dibutuhkan lebih besar.

Item Type: Tugas Akhir
Additional Information: No. Inventaris : 4681/TP-14/2018 _Lokasi TA : 269
Uncontrolled Keywords: Pipeline, Pipeline Crossing, Cased Pipe, Uncased Pipe
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > Teknik Perpipaan
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2019 04:32
Last Modified: 26 Jun 2019 04:32
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1692

Actions (login required)

View Item View Item