Optimasi Bentuk Haluan Kapal Perintis 1200 GT Terhadap Hambatan Kapal Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic

Richo, Amirul Fiqry Optimasi Bentuk Haluan Kapal Perintis 1200 GT Terhadap Hambatan Kapal Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic. [Tugas Akhir]

[img] Text
0114040022 - Richo Amirul Fiqry - Optimasi Bentuk Haluan Kapal Perintis 1200 GT Terhadap Hambatan Kapal Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hambatan kapal menjadi salah satu faktor penting dalam perencanaan suatu kapal. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi daya yang dibutuhkan oleh kapal dan sekaligus dapat menghemat konsumsi bahan bakar. Karena semakin besar hambatan kapal, maka semakin besar pula daya yang dibutuhkan kapal. Banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli bidang perkapalan untuk mendapatkan bentuk lambung yang efektif dan memiliki nilai hambatan yang kecil, seperti penerapan bulbous bow salah satunya. Bulbous bow bertujuan guna memecah gelombang air laut ketika mengenai badan kapal. Dalam tugas akhir ini merencanakan optimasi bentuk haluan kapal perintis 1200 GT dengan penerapan desain bulbous bow, bertujuan agar dapat mereduksi hambatan kapal. Adapun desain bulbous bow yang dipakai untuk analisis adalah bulbous bow tipe delta, bulbous bow tipe nabla, bulbous bow tipe elips. Kemudian dari ketiga tipe bulbous bow tadi dibandingkan nilai hambatannya dan dipilih yang paling efektif. Proses analisis dibantu menggunakan software maxsurf resistance dan metode perhitungan numerik CFD pada software ansys cfx untuk mempermudah serta mempercepat proses penelitian. Hasil dari analisis menggunakan metode tersebut berupa nilai hambatan total, hambatan gesek dan hambatan gelombang. Berdasarkan analisis didapatkan hasil bahwa desain bulbous bow yang paling efektif adalah bulbous bow dengan tipe delta. Nilai hambatan total bulbous bow tipe delta merupakan yang paling kecil yaitu sebesar 125,9 kN, jika dibandingan dengan desain kapal tanpa bulbous bow yang memiliki nilai sebesar 142,6 kN serta desain bulbous bow tipe lainnya yaitu tipe nabla sebesar 126,8 kN dan tipe elips sebesar 126,4 kN . Karena nilai hambatan total yang lebih kecil, maka bulbous bow tipe ini dapat mereduksi hambatan kapal dan kebutuhan daya pada kapal.

Item Type: Tugas Akhir
Additional Information: No. Inventaris : 4147/DC-14/2018 Lokasi : 453
Uncontrolled Keywords: Kapal perintis, lines plan, bulbous bow, hambatan kapal, CFD (computational fluid dynamic).
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2019 09:01
Last Modified: 21 Jun 2019 09:01
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1647

Actions (login required)

View Item View Item