ANALISA KEKUATAN STRUKTUR HELIDECK PADA KAPAL PATROLI 73 METER DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

Harianja, Rhapsody M.B. (2018) ANALISA KEKUATAN STRUKTUR HELIDECK PADA KAPAL PATROLI 73 METER DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0114040017 - Rhapsody M.B. Harianja - Analisa Kekuatan Struktur Helideck Pada Kapal Patroli 73 Meter Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kapal patroli 73m ini direncanakan sebagai kapal pengawas untuk beroperasi pada daerah sekitar perairan Indonesia. Pada kapal ini didesain sebuah helideck yang terletak pada bagian buritan kapal. Helideck merupakan sebuah fasilitas di atas kapal yang berfungsi sebagai area landasan pendaratan untuk helikopter yang dibuat secara permanen menyatu dengan dek kapal. Karena fungsinya tersebut maka ketahanan struktur pendukungnya harus benar-benar kuat. Untuk memastikan helideck dapat digunakan dengan aman dan berfungsi sebagai mana mestinya maka perlu diadakan penelitian untuk memverifikasi kekuatan struktur helideck tersebut. Pada tugas akhir ini kekuatan konstruksi helideck dihitung untuk memperoleh berapa tegangan maksimum, defleksi dan juga faktor keamanan. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan rules dari Biro Klasifikasi Indonesia. Konstruksi helideck tersebut juga akan dianalisa menggunakan Finite Element Method (FEM). Aplikasi FEM yang digunakan adalah software Ansys. Lalu hasil yang diperoleh dari perhitungan akan dibandingkan dengan hasil menggunakan software. Dari hasil perhitungan yang dilakukan beban total helikopter diperoleh sebesar 97,720 kN. Tegangan maksimum dari perhitungan sebesar 14,338 N/mm2 dan besar defleksi yang terjadi 4,066 mm. Dari hasil analisa menggunakan software, besar tegangan maksimum yang diperoleh sebesar 14,990 N/mm2 dan besar defleksi yang terjadi 4,112 mm. Nilai tegangan maksimum yang diijinkan berdasarkan rules sebesar 194,37 N/mm2 dan defleksi maksimum yang diijinkan 14,933 mm. Maka faktor keamanan yang didapat berdasarkan perhitungan yaitu 13,556 dan berdasarkan simulasi 12,966. Sehingga faktor keamanan dari hasil tegangan maksimum yang diperoleh dari perhitungan dan simulasi masih dalam kondisi yang diijinkan atau terpenuhi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 4142/DC-14/2018 Lokasi : 448
Uncontrolled Keywords: Tegangan, defleksi, helideck, finite element method (FEM), ansys
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Konstruksi Kapal (Ship Construction)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2019 08:45
Last Modified: 22 Jul 2021 03:26
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1642

Actions (login required)

View Item View Item