ANALISIS PENGARUH SLOSHING LOAD TERHADAP KEKUATAN KONSTRUKSI CORRUGATED BULKHEAD AKIBAT PENAMBAHAN UPPER STOOL

Machmudi, Aji (2018) ANALISIS PENGARUH SLOSHING LOAD TERHADAP KEKUATAN KONSTRUKSI CORRUGATED BULKHEAD AKIBAT PENAMBAHAN UPPER STOOL. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0114040002 - Aji Machmudi - Analisis Pengaruh Sloshing Load Terhadap Kekuatan Konstruksi Corrugated Bulkhead Akibat Penambahan Upper Stool.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sloshing merupakan pergerakan bebas muatan cair pada ruang muat yang dapat menyebabkan kerusakan pada struktur dalam tangki. Untuk meminimalisir dampak sloshing, pada Common Structural Rules (CSR) 2012 dijelaskan bahwa corrugated bulkhead pada kapal dengan panjang ≥ 190 m harus dilengkapi dengan lower stool dan umumnya upper stool dibawah deck. Berdasarkan permasalah tersebut, maka dalam tugas akhir ini akan dilakukan sebuah analisis untuk mengetahui pengaruh sloshing load terhadap kekuatan konstruksi corrogated bulkhead akibat penambahan upper stool. Model Kapal Tanker 17500 LTDW dibuat dengan aturan 12 + 1 + 12 cargo hold dalam 2 variasi, yaitu corrugated bulkhead tanpa dan dengan upper stool, dimana analisis dilakukan dengan Metode Elemen Hingga pada 3 kondisi pengisian, yaitu 50%, 70% dan 95%. Hasil analisis menunjukkan bahwa stress tertinggi terjadi pada kondisi pengisian 95%, yaitu untuk model tanpa upper stool sebesar 28.962 MPa saat hogging dan 28.954 MPa saat sagging, sedangkan model dengan upper stool sebesar 27.452 MPa saat hogging dan 27.424 saat sagging. Sehingga didapat nilai yield utilisation factor untuk model tanpa upper stool sebesar 0.12324 saat hogging dan 0.12321 saat sagging, sedangkan model dengan upper stool sebesar 0.11682 saat hogging dan 0.11670 saat sagging, dimana semuanya masuk ke dalam kriteria kekuatan struktur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 4129/DC-14/2018 Lokasi : 435
Uncontrolled Keywords: upper stool, corrugated bulkhead, sloshing, yield utilisation factor
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Konstruksi Kapal (Ship Construction)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2019 02:00
Last Modified: 25 Jun 2021 14:51
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1611

Actions (login required)

View Item View Item