ANALISA KEKUATAN ANCHOR RACK DAN PENGARUHNYA TERHADAP KONSTRUKSI HALUAN KAPAL AKIBAT PENAMBAHAN OUTFITTING PADA KAPAL TONGKANG KGM 27

M. Zarkasi, Manshur ANALISA KEKUATAN ANCHOR RACK DAN PENGARUHNYA TERHADAP KONSTRUKSI HALUAN KAPAL AKIBAT PENAMBAHAN OUTFITTING PADA KAPAL TONGKANG KGM 27. [Tugas Akhir]

[img] Text
0115030060 - M. Zarkasi Manshur - Analisa Kekuatan Anchor Rack dan Pengaruhnya Terhadap Konstruksi Haluan Kapal Akibat Penambahan Outfitting pada Kapal Tongkang KGM 27.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dalam dunia pelayaran, perusahaan pelayaran sering memilih membeli kapal bekas ketimbang membuat kapal baru. Hal itu dikarenakan biaya yang dikeluarkan dalam pembelian kapal bekas jauh lebih murah dari pada perusahaan harus membeli kapal baru, termasuk modifikasi suatu kapal agar menjadi kapal dengan fungsi lain. Terkadang kapal yang dibeli tidak mempunyai hawse pipe, sedangkan jangkar harus memiliki tempat tersendiri. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menambahkan satu outfitting yaitu anchor rack sebagai pengganti dari hawse pipe. Dalam perancanaan design anchor rack, seharusnya dilakukan proses analisa kekuatan guna mengetahui kekuatan dari anchor rack dan bahan yang tepat untuk konstruksinya. Analisa tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan program finite element seperti ansys, solidwork, dll. Pada analisa kekuatan anchor rack ini dimulai dari permodelan 3D dari anchor rack tersebut dengan menggunakan software AutoCAD 2013. Selanjutnya model akan diimport kesoftware ansys yang kemudian akan dijadikan geometry untuk analisa kekuatan anchor rack. Berdasarkan analisa kekuatan anchor rack dan pengaruhnya terhadap konstruksi haluan kapal, dapat dilihat bahwa anchor rack masih mampu menopang berat jangkar sebesar 3000 kg dan mengalami tegangan maksimum sebesar 61,072 MPa dan nilai minimum safety factor sebesar 3,9, sedangkan konstruksi haluan mengalami tegangan maksimum sebesar 110,59 MPa dan nilai minimum safety factornya 2,26. Safety factor menunjukkan bahwa sistem anchor rack, dan konstruksi haluan masih aman, karena melebihi perencanaan awal safety factor yaitu 2.

Item Type: Tugas Akhir
Additional Information: No. Inventaris : 4123/DC-15/2018 Lokasi : 429
Uncontrolled Keywords: Anchor rack, Ansys, Deformasi, Safety Factor, Tegangan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2019 08:01
Last Modified: 19 Jun 2019 08:01
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item View Item