ANALISA PERUBAHAN BERAT DAN NILAI KG AKIBAT PERUBAHAN MATERIAL KONSTRUKSI BAGUNAN ATAS KAPAL PENELITIAN HYDROGRAPHIC SURVEY GEOLOGIC & GEOPHYSICAL

Qulubana, Isyfi (2018) ANALISA PERUBAHAN BERAT DAN NILAI KG AKIBAT PERUBAHAN MATERIAL KONSTRUKSI BAGUNAN ATAS KAPAL PENELITIAN HYDROGRAPHIC SURVEY GEOLOGIC & GEOPHYSICAL. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0115030028 - Isyfi Qulubana - Analisa Perubahan Berat Dan Nilai Kg Akibat Perubahan Material Konstruksi Bagunan Atas Kapal Penelitian Hydrographic Survey Geologic .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Unruk mendesain kapal khususnya kapal penelitian, pertimbangan pemakaian bahan menjadi salah satu penentu berat kapal atau yang biasa kita sebut Light Weight Ton (LWT) yang di mana berat suatu material akan berimbas pula terhadap jarak vertikal titik berat kapal (G) terhadap keel atau biasa di sebut KG. Namun yang menjadi pokok pembahasan kali adalah desain konstruksi kapal penelitian Hydrograpic Survey Geologic & Geophysical yang mana bagian Superstructure kapal terbuat dari material yang berbeda dengan lambung kapal yang terbuat dari baja, yaitu aluminium yang kemudian di sambung dengan bantuan bimetal. Dengan penggunaan material tersebut di maksudkan dapat mereduksi nilai dari LWT kapal untuk menjadi lebih ringan. Namun untuk mengetahui seberapa besar reduksi LWT dan KG di lakukan Analisa perhitungan konstruksi dari kapal penelitian Hydrograpic Survey Geologic & Geophysical menggunakan data yard plan yang ada sebelumnya. Dalam tugas akhir ini penulis membandingkan data yard plan tersebut dengan perhitungan konstruksi baja menggunakan rule NK 2016 yang kemudian akan di total berat dan nilai KG pada masing-masing material bangunan atas kapal penelitian Hydrograpic Survey Geologic & Geophysical. Bedasarkan hasil perhitungan ini kemudian di tarik kesimpulan bahwa konstruksi dengan bahan Aluminium dapat mengurangi LWT kapal sebesar 23,38 ton atau sebesar 9,96 % dari konstruksi berbahan baja total. Penurunan LWT tersebut juga mempengaruhi KG sebesar 0,45 m atau sekitar 6,39% lebih rendah dari pada penggunaan baja secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 4096/DC-15/2018 Lokasi : 402
Uncontrolled Keywords: Perhitungan Konstruksi, LWT, KG.
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Konstruksi Kapal (Ship Construction)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2019 07:59
Last Modified: 28 Jun 2021 08:18
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1550

Actions (login required)

View Item View Item