Pengaruh Penurunan Tekanan Oli yang Mengakibatkan Daya Motor Diesel Tidak Maksimal pada Motor Bantu Tipe MAN LE 2842 di Kapal Meratus Ambon

Syaiful Haris, Saputra (2014) Pengaruh Penurunan Tekanan Oli yang Mengakibatkan Daya Motor Diesel Tidak Maksimal pada Motor Bantu Tipe MAN LE 2842 di Kapal Meratus Ambon. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sistem pelumasan memegang peran penting bagi motor diesel. Jika sistem pelumasan mengalami kerusakan maka komponen-komponen motor diesel akan mengalami kerusakan. Pada kenyataan sistem pelumasan oli yang terdapat pada motor bantu MAN LE 2842 di Kapal Meratus Ambon tidak bisa bekerja dengan baik karena terjadi penurunan tekanan oli pada sistem pelumasan. Penurunan tekanan oli membuat oli tidak bisa melumasi seluruh komponen mesin dengan baik. Hal ini bisa mengakibatkan rusakya berbagai komponen mesin yang saling bergesekan. Untuk menyelesaikan permasalahan diatas perlu dilakukan pemeriksaan sistem pelumas pada motor diesel dengan cara melakukan overhaul. Dari overhaul diperiksa bagian-bagian yang mempengaruhi komponen sistem pelumasan yaitu pompa oli, filter oli, oil cooler dan viskositas oli. Dari hasil analisa penurunan tekanan oli disebabkan oleh kerusakan pompa oli, filter oli, oil cooler dan viskositas oli. Dan terjadi kerusakan pada komponen motor diesel yaitu piston, Coneccting Rod, Crank Shaft, Cam Shaft dll dan didapatkan kondisi standart mesin 528 HP, kondisi sebelum overhaul 510 HP dan kondisi sesudah overhaul 545 HP. Daya motor diesel mengalami penurunan 72 HP dan mengalami kenaikan 35 HP. Kata kunci : Overhaul, Oil Cooler, Viskositas ,Coneccting Rod, ABSTRACT Lubrication system does play an important role for diesel motors. If sisem lubrication damaged the diesel engine components will wear out. In fact the oil lubrication system contained in an auxiliary motor MAN LE 2842 in Ambon Meratus Ships can not work well due to a decline in oil pressure in the lubrication system. The decrease in oil pressure makes the oil can not lubricate all components of the engine well. This could lead to wear of various engine components rub against each other. To resolve the above issues need to be examined on diesel engine lubrication system by means of an overhaul. From overhaul examined the parts that affect components of the lubrication system oil pump, oil filter, oil cooler and oil viscosity. Analyses of oil pressure caused by oil pump, oil filter, oil cooler dan viskositas oli. and there is damage to the components of diesel engine is the piston, rod coneccting, cam shaft and crank shaft come standard condition 528 HP engine overhaul condition before 510 HP and condition after overhaul 545 HP. Diesel motor power decreased 72 HP and 35 HP increase. Keywords : Ambon , Motor Diesel

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2018 05:00
Last Modified: 21 Aug 2018 05:00
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/15

Actions (login required)

View Item View Item