Analisa Optimalisasi Proyek Pembangunan Kapal Kayu 30 GT dengan Metode PERT dan Crashing Project Di PT. Empat Sekawan Marine

Rahayu, Azizzah Setia (2018) Analisa Optimalisasi Proyek Pembangunan Kapal Kayu 30 GT dengan Metode PERT dan Crashing Project Di PT. Empat Sekawan Marine. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
1114040025 - Azizzah Setia Rahayu - Analisa Optimalisasi Proyek Pembangunan Kapal Kayu 30 GT dengan Metode PERT dan Crashing Project Di PT. Empat Sekawan Marine.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Proyek pembangunan kapal kayu 30 GT adalah proyek kapal pelayaran rakyat yang dikerjakan oleh PT. Empat Sekawan Marine. Proyek tersebut terbuat dari kayu dengan satu mesin penggerak utama, didesain untuk mengangkut 24 orang penumpang dan 5 orang ABK. Proses pembangunan kapal dibutuhkan aktivitas perencanaan, perancangan, pengadaan serta proses pembangunan terstruktur dengan ketepatan durasi dan biaya yang telah direncanakan. Oleh karena itu proses penjadwalan harus diperhatikan dengan baik untuk menghindari keterlambatan dan kerugian dari berbagai pihak. Proyek penelitian ini, dalam perjanjian kontrak proyek pembangunan kapal kayu 30 GT pihak client menginginkan pembangunan selesai dengan durasi 143 hari, namun pihak perusahaan melaksanakan pengerjaan selesai dengan durasi 159 hari. Hal tersebut membuat pihak perusahaan harus mempercepat untuk kegiatan proyek selanjutnya. Percepatan durasi dilakukan agar tidak melebihi jadwal perjanjian kontrak yang akan mengakibatkan pihak perusahaan diharuskan membayar denda kepada client. Selain itu dibutuhkan analisa pengerjaan durasi mana yang optimal dengan menggunakan metode PERT dan crashing untuk mengetahui kebutuhan biaya yang akan dikeluarkan. Berdasarkan hasil analisa, dengan metode PERT menghasilkan durasi optimis 156 hari dengan probabilitas 50%. Sedangkan dengan metode crashing perbandingan biaya yang dikeluarkan untuk durasi 159 sebesar Rp. 306.510.000 dan durasi 143 hari sebesar Rp. 322.731.250 dengan selisih sebanyak Rp. 16.221.250.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 4804/MB-14/2018_Lokasi TA : 22
Uncontrolled Keywords: Biaya, Crashing, Durasi, Optimal, PERT
Subjects: MB - Manajemen Bisnis > Manajemen Operasi dan Produksi
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Manajemen Bisnis Maritim
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 09 Apr 2019 03:48
Last Modified: 29 Jul 2021 12:48
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1444

Actions (login required)

View Item View Item