ANALISA PENAMBAHAN CRANE TERHADAP STABILITAS KAPAL KM PERINTIS 500 DWT DI PT F1 PERKASA

Fikri Achmanda Julian, Aknanta (2015) ANALISA PENAMBAHAN CRANE TERHADAP STABILITAS KAPAL KM PERINTIS 500 DWT DI PT F1 PERKASA. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kapal perintis merupakan suatu kapal yang dibangun dengan tujuan sebagai sarana transportasi bagi masyarakat yang terletak di pulau terpencil maupun antar pulau yang tidak terdapat transportasi kapal di setiap saatnya, disamping itu kapal perintis juga digunakan dalam pendistribusian barang dengan kata lain kapal perintis di gunakan dalam mengangkut barang dan manusia. Kapal perintis biasanya termasuk kapal berplat merah atau dengan kata lain milik pemerintah dan mengesampingkan nilai ekonomis dari kapal tersebut. Namun meski maksud dari pembuatan kapal tersebut mengesampingkan nilai ekonomis, faktor keselamatan dan kenyamanan merupakan salah satu faktor yang harus dipenuhi oleh karena maka perlunya diperhitungkan tingkat keamanan dari kapal tersebut. Pada dasarnya kapal dibangun selalu menyesuaikan dengan daerah pelayaran yang di tempuh dan jenis muatan yang akan diangkut oleh kapal tersebut. Untuk daerah pelayaran antar pulau biasanya di butuhkan kapal pengangkut barang, kapal pengangkut penumpang, kapal pengangkut kendaraan atau bahkan ketiganya.. Penghitungan Stabilitas dilakukan dengan mengumpulkan data awal kapal seperti general arrangementdan spesifikasi craneyang akan digunakan pada kapal. Kemudian dengan bantuan data general arrangement, dibuat surfacekapal pada software Maxsurf Pro 11.Analisis stabilitas dihitung dengan bantuan software Hydromax Pro 11dengan bantuan data surfacekapal yang sudah dibuat sebelumnya. Sebelum melakukan analisis stabilitas juga dilakukan penentuan kondisi-kondisi kapal yang memungkinkan terjadi pada kapal tersebut baik kondisi pada saat crane belum terpasangpada badan kapal ataupun crane belum terpsang pada badan kapal. Dari hasil analisis stabilitas kapalKM PERINTIS 500 DWTdapat diketahui apakah kapal mengalami masalah saat dilakukan tambahkancrane. Selain itu juga dapat ditemukan hasil dari beberapa kondisi kapal yang telah memenuhi rule classyang digunakan yaitu IMO 749 Passanger ship. Dengan sarat air yang memenuhi standar dan syarat lainnya. Selanjutnya hasil tersebut dapat dijadikan petunjuk oleh owner sebagai pedoman untuk operasional kapal KM PERINTIS 500 DWT ini. ` ABSTRACT Perintis is a ship that build with purpose as a transportation for people which one in unreachable island either between island that there are no ship transportation everytime, therefore,perintis also be used in cargo distribution which is the perintis is used as human and cargo handler. Perintis usually submited as “Red Badge” which is mean that ship is owned by the government and the economic or commercial value was ignored on that ship. But, although ignoring the economic or commercial value, safety factor is a factor that must be fulfilled. In order to that,it necessary to calculate the safety level of that ship. Basicly, the ship is builded always according to service range and the kind of loads that handled by that ship. For between island service range, usually needed cargo ship, passenger ship, Vehicle handler (Ferry Ro-Ro) or even the trhee of it. The stability can be calculated by collecting data such as general arrangement and specification of the new crane that will be used. Then with general arrangement, we can make a surface of this ship with the support of a software Maxsurf Pro 11. Stability analysis calculated with a software Hydromax Pro 11 with the support of the surface of ship that have been made previously. Before calculate the stability analysis, also made a criteria conditions that probably happen to the ship when the crane is installed or not. From the anlysis stability of the ship, can be determined the ship have a problem or not when crane is installed to it. It also can be determined the result some of conditions that qualified with a rule of class which used, that is IMO 749 Passanger Ship, with the Draught that qualified the standar and another term. Then the result can become a guidance by the owner to operating the KM PERINTIS500 DWT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:51
Last Modified: 27 Aug 2018 04:51
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item View Item