PERANCANGAN KONSTRUKSI BOATLIFT CRANE DENGAN KAPASITAS SWL 15 TON PADA PT. F1 PERKASA

Yudha P, Bagas (2017) PERANCANGAN KONSTRUKSI BOATLIFT CRANE DENGAN KAPASITAS SWL 15 TON PADA PT. F1 PERKASA. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK PT.F1 PERKASA adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pembangunan dan perbaikan kapal, yang dilakukan berdasarkan pesanan dari beberapa customer. Salah satu fasilitas utama yang dibutuhkan saat ini adalah adanya sarana yang mengangkat dan memindahkan kapal, baik dari darat ke air maupun sebaliknya. Dalam pembuatan boatlift direncanakan dengan kapasitas angkat sebesar 15 tonnes, nantinya melalui tahapan yang meliputi desain konstruksi, dengan menghitung kekuatan girder, dimana dengan menggunakan perbandingan antara kalkulasi manual dengan analisa software,kemudian analisa leg ,endcarriage ,girder melintang dan yang terakhir dengan analisa 3D konstruksi. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan prototype. Untuk mendapatkan desain konstruksi dilakukan pengujian analisa kekuatan dengan menggunakan software, jika menggunakan material ASTM A36 untuk ukuran penampang girder dengan dimensi 450x500x6mm, dengan tegangan maksimalnya adalah 89,857 N/mm 2 dengan kekuatan material 250 N/mm 2 maka dari hasil tersebut dapat diterima, jika menggunakan material ST52 untuk ukuran penampang girder dengan dimensi 350x400x6mm tegangan maksimalnya adalah 139,413 N/mm 2 dengan kekuatan material 355 N/mm 2 maka hasil tersebut aman dapat diterima. Setelah mengetahui beberapa material aman maka untuk menentukan bahan adalah dengan dilihat dari berat dan biaya. Kata kunci : Boatlift crane,desain konstruksi, pemilihan bahan ABSTRACT PT.F1 PERKASA is a company that move in development and repairs ships, conducted according to order of several customer. One of the main facility required now is the infrastructure that lift and move a ship, for land to sea or sea to land. Planning boatlift achived in many stage which includes making boatlift own later on through the wich includes construction desgin, by computing power of girder, where using comparison between calculation manual and analysis software, then analyzing leg, endcarriage, girder transverse and the latter by analyzing 3D construction. Then follow by building protoypes. To get a design done analysis construction testing force with uses sofware, if using ASTM A36 maximum voltage is 89,857 N/mm 2 with force material 250 N/mm 2 so the result acceptable, if using material ST52 maximum 139,413 N/mm 2 with force material 355 N/mm 2 . After learning multiple material secure then to determine the is to use materials mix because of heavy absolutely influences selecion material for part part mechanism and endcarriage do not need material strong but only to heavy used to a counterweight. Keywords: Boatlift crane, design construction, electin material

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: ?? tddm ??
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 03 Oct 2018 07:38
Last Modified: 03 Oct 2018 07:38
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1251

Actions (login required)

View Item View Item