RANCANG BANGUN AUTOMATIC SHIP BALLAST SYSTEM SIMULATOR DAN PENGENALAN JENIS-JENIS KAPAL SEBAGAI MEDIA EDUKASI BERBASIS AUGMENTED REALITY

Utomo, Dimas Prasetyo (2017) RANCANG BANGUN AUTOMATIC SHIP BALLAST SYSTEM SIMULATOR DAN PENGENALAN JENIS-JENIS KAPAL SEBAGAI MEDIA EDUKASI BERBASIS AUGMENTED REALITY. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Poros maritim dunia merupakan gagasan penting dalam pembangunan kekuatan maritim, salah satunya upaya dalam mendukungnya yaitu dengan menumbuhkan budaya maritim dan mewujudkannya dalam bentuk pembangunan Maritime Edu Park. Namun belum ada satupun Maritime Edu Park, oleh karena itu dalam penelitian ini dibuatlah sebuah media edukasi digital dalam bentuk simulator ballast kapal dan pengenalan jenis-jenis kapal menggunakan teknologi Augmented Reality. Simulator ini menggunakan joystick untuk mengendalikan marker, dilengkapi kamera sebagai sensor utama untuk mendeteksi marker dan memvisualisasikan virtual kapal 3D pada interface PC. Simulator ini menggunakan bluetooth sebagai komunikasi datanya, Arduino Mega 2560, dan sensor kemiringan sudut gyrometer ADXL 345. Selain itu, pada pengenalan jenis-jenis kapal virtual 3 dimensi ini menggunakan smartphone android dalam mengolah kartu AR. Keseluruhan sistem simulator ballast kapal bekerja dengan baik hal ini dibuktikan dengan sistem dapat merespon data sensor kamera dan gyrometer dengan baik pada interface PC. Kamera mampu mengenali objek marker pada jarak 5-15 cm dengan waktu rata-rata 0.386 detik dan intesitas cahaya 30 Cd. Sedangkan pada pengenalan jenis-jenis kapal virtual 3 dimensi, sistem mampu merespon cepat perintah user dan mendeteksi marker dengan jarak 5-10 cm serta intesitas cahaya 30 Cd, hal dan dibuktikan dengan object AR yang dapat dirubah ukuran dan posisinya. Kata kunci : Ballast Kapal, Arduino, Android, Augmented Reality ABSTRACT World maritime axis is an important idea in the development of maritime power, one of the efforts in supporting it is by growing the maritime culture and make it happen in the form of Maritime Edu Park development. But there is no Maritime Edu Park, therefore in this study made a digital educational media in the form of ship ballast simulator and the introduction of ship types using Augmented Reality technology. The simulator uses a joystick to control the marker, equipped with the camera as the main sensor for detecting markers and visualizing virtual 3D ships on the PC interface. This simulator uses bluetooth as its data communication, Arduino Mega 2560, and angle gyrometer angle sensor ADXL 345. In addition, on the introduction of the types of 3D virtual ship is using android smartphone in processing AR cards. Overall ship ballast simulator system works well this is proven by the system can respond to camera and gyrometer sensor data well on the PC interface. The camera is able to recognize the object marker with a distance of 5-15 cm with an average time of 0.386 seconds and light intensity of 30 Cd. While the introduction of 3-dimensional virtual vessel types, the system is able to quickly respond to user commands and detect markers with a distance of 5-10 cm and light intensity of 30 Cd, and proved with AR objects that can be resized and position. Keywords : Ballast System, Arduino, Android, Augmented Reality

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal > D4 Teknik Otomasi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:04
Last Modified: 01 Oct 2018 07:13
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1243

Actions (login required)

View Item View Item