MINI SHIP SIMULATOR SEBAGAI MEDIA PENGENALAN MANUVER KAPAL MENGGUNAKAN KONTROLER ARDUINO

Nabawi, Adam Mu’iz (2017) MINI SHIP SIMULATOR SEBAGAI MEDIA PENGENALAN MANUVER KAPAL MENGGUNAKAN KONTROLER ARDUINO. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saat ini, pemerintah sedang melakukan program untuk membudayakan budaya maritim. Salah satu caranya adalah dengan mengenalkan budaya maritim sejak dini kepada masyarakat. Agar masyarakat mau mengenal dunia maritim khususnya tentang kapal diperlukan sebuah media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Oleh karena itu, dibuatlah game simulator kapal “Mini Ship Simulator”. Game ini dibuat menggunakan program Unity 3D. Untuk menjalankan game ini, digunakan suatu konsol yang berisi Steer Controller, Speed Controller dan Button Menu yang semua input tersebut dihubungkan ke Arduino Mega untuk selanjutnya diproses dan diubah menjadi input pada game. Steer Controller menggunakan potensiometer sebagai sensor yang akan mengatur sudut belok roda kemudi kapal. Speed Controller berisi dua bagian utama yaitu Throttle Position yang menggunakan potensiometer sebagai sensor untuk mengatur kecepatan kapal dalam game, dan Transmission yang menggunakan rotary switch sebagai sensor untuk mengatur maju atau mundurnya pergerakan k apal. Button Menu menggunakan push button sebagai sensor untuk melakukan fungsi – fungsi khusus pada game seperti start game, pause, change camera, dan start engine. Setelah game selesai dibuat dan dikoneksikan dengan hardware, dilakukan pengujian untuk mengetahui apakah game ini sudah playable atau belum. Pengujian pertama adalah menguji mekanik game yaitu dengan membandingkan nilai – nilai kecepatan dan sudut belok kemudi kapal ketika game dijalankan dengan target nilai yang telah ditentukan. Setelah dila kukan pengujian didapatkan nilai error rata – rata sebesar 0,21%. Pengujian kedua adalah pengujian sekenario game yaitu dengan menjalankan game dari start, menggunakan fitur – fitur game, dan menuju titik finish. Setelah dilakukan pengujian tidak ditemukan adanya bug atau error. Karena nilai error pada pengujian mekanik game kurang dari 1% dan pada pengujian Sekenario juga tidak ditemukan bug atau error, maka dapat dikatakan game ini telah playable. Kata kunci: Ship Simulator, Kapal, Unity 3D, Game. ABSTRACT Currently, the government is conducting a program to civilize the maritime culture. One way is to introduce the maritime culture from an early age to the community. In order for people to know the maritime world, especially about the ship needed an interactive learning media and interesting. Therefore, the game was made of a ship smilulator "Mini Ship Simulator". This game is created using the Unity 3D program. To run this game, used a console that contains the Steer Controller, Speed Controller and Button Menu that all input is connected to Arduino Mega to further processed and converted into input in the game. Steer Controller uses a potentiometer as a sensor that will adjust the angle of the steering wheel steering wheel. Speed Controller contains two main parts of Throttle Position which uses a potentiometer as a sensor to control the speed of the in-game vessel, and Transmission using rotary switch as a sensor to adjust the forward or retreat of the ship's movement. Button Menu uses push button as a sensor to perform special functions in game like start game, pause, change camera, and start engine. After the game is finished and connected with the hardware, testing to find out whether this game is playable or not. The first test is to test the game mechanics by comparing the values of velocity and steering wheel turn angle when the game is run with a target value that has been determined. After the test obtained an average error rate of 0.21%. The second test is the game scenario testing by running the game from start, using game features, and towards the finish point. After testing no bugs or errors were foun d. Since the error value on the game mechanical testing is less than 1% and in the Scenario test is also not found bug or error, then it can be said this game has been playable. Keywords: Ship Simulator, Ship, Unity 3D, Game.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal > Teknik Otomasi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 01 Oct 2018 06:19
Last Modified: 01 Oct 2018 06:19
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1236

Actions (login required)

View Item View Item