ANALISA EFISIENSI WAKTU TERHADAP JAM ORANG ATAS PROSES PRODUKSI KAPAL FERRY 500 GT

Ferry Setyo, Nugroho (2015) ANALISA EFISIENSI WAKTU TERHADAP JAM ORANG ATAS PROSES PRODUKSI KAPAL FERRY 500 GT. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jam orang (JO) adalah jam kerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan sampai pekerjaan itu selesai. Material dasar yang berupa plat dan profil adalah komponen utama konstruksi kapal. Penetapan jam orang (JO) dan perencanaan kebutuhan material dasar sangat penting dilakukan agar tidak terjadi penambahan jam orang dan penggunaan material lebih efisien sehingga meminimal kerugian bagi perusahaan. Dalam menentukan data hasil perhitungan jam orang dan efisiensi waktu pada proses pembangunan kapal FERRY 500- GT di PT.DUMAS TANJUNG PERAK SHIPYARD adalah membandingkan hasil perencanaan dan pelaksanaan di lapangan. Berdasarkan hasil analisa maka didapatkan ketidaksesuaian jumlah jam orang yang digunakan antara perencanaan dengan pelaksanaan di lapangan. Pada proses pembangunan kapal FERRY 500- GT jam orang perencanaan adalah 47,194/JO, sedangkan pelaksanaannya 50,916/JO, terjadi percepatan (JO/T). Maka dapat dilihat bahwa progress pengerjaan KPAL ferry 500- GT berjalan sesuai perencanaan, karena mengalami percepatan jam orang dalam pembuatannya. Kunci: FERRY 500- GT, j am orang, efisiensi waktu . ABSTRACT Man hours (JO) is the hours of work required to complete a job until the job is finished. Basic material in the form of plates and profile is the main components of the ship’s construction. Determination of man hours (JO) and the basic material planning is very important in order to avoid additional hours and more efficient use of materials so as to minimize losses of the company. In determining the data on the calculation of man hours and time efficiency on the building FERRY 500-GT ship in PT.DUMAS TANJUNG PERAK SHIPYARD is comparing the results of the planning and implementation in the field. Based on the analysis results are obtained mismatches number of man hours used between planning and implementation in the field. In the process o f building the ship FERRY -GT 500 man hours of planning is 47.194 / JO, while the implementation 50.916 / JO, an accelerated 0.13486 (JO / T). It can be seen that the progress of workmanship KPAL ferry 500-GT goes according to plan, because the clock is accelerated in the making. Key : FERRY500-GT, Man Hours, Time Efficiency

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2018 03:59
Last Modified: 27 Aug 2018 03:59
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/119

Actions (login required)

View Item View Item