ANALISA PERSENTASE PENGELASAN YANG DITERIMA DARI HASIL SURVEI WELDING CHECK DENGAN UJI RADIOGRAFI OLEH BKI

Gumilar, Risang Bagaskara (2017) ANALISA PERSENTASE PENGELASAN YANG DITERIMA DARI HASIL SURVEI WELDING CHECK DENGAN UJI RADIOGRAFI OLEH BKI. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Untuk mengkelaskan sebuah kapal diperlukan Survey Penerimaan Kelas yang dilakukan oleh pihak Klas, BKI. Survei tersebut meliputi pemeriksaan lambung, mesin & kelistrikan, dan lambung timbul. Salah satu bagian yang harus diperhatikan dalam proses pembangunan kapal adalah konstruksi lambung kapal khususnya dalam proses pengelasan. Maka diperlukan analisa persentase keberterimaan cacat las dan jenis cacat las yang muncul saat survei welding check yang dilakukan oleh BKI, bertujuan untuk membantu kita meminimalisir kesalahan dalam proses pembangunan kapal khususnya proses pengelasan. Untuk mengitung persentase keberterimaan cacat las dan jenis cacat las yang muncul. Maka diperlukan data, data yang diperloleh berupa Radiography Test Report dari 4 kapal, yaitu KM. Perintis Sabuk Nusantara 58, KM. Perintis Sabuk Nusantara 42, KM Perintis Sabuk Nusantara 62, dan KM. Perintis Sabuk Nusantara 35. Keempat kapal tsb dibangun di 2 galangan berbeda. Dari data tersebut dilakukan perhitungan persentase keberterimaan cacat las dan jenis cacat las yang muncul. Perhitungan persentase dilakukan pada setiap kapal dan keseluruhan kapal. Berdasarkan perhitungan persentase keberterimaan cacat las dan jenis cacat las yang muncul, Kapal Sabuk Nusantara 62 memiliki persentase keberterimaan yang paling tinggi yaitu 100% sedangkan Kapal Sabuk Nusantara 42 memiliki persentase keberterimaan paling rendah yaitu 90,91%. Cacat las yang paling sering muncul yaitu Porosity. Kata kunci : Survei, Welding Check, Cacat las, Persentase, Radiography Test. In order to register a ship, a Class Admission Survey is made by the Classification, namely BKI. The surveys included hull, machine & electrical inspections, and freeboard line.One of the parts to be considered in the ship building process is the hull construction especially in the welding process. It is therefore necessary to analyze the percentage of acceptability of welded defects and the type of welding defects that arise during the welding check survey conducted by BKI, which aims to help us minimize errors in the ship building process, especially the welding process. To calculate the percentage of acceptability of the weld defect and the type of welding defect that appears. Then required data, data obtained in the form of Radiography Test Report from 4 ships, namely KM. Perintis Sabuk Nusantara 58, KM. Perintis Sabuk Nusantara 42, KM Perintis Sabuk Nusantara 62, and KM. Perintis Sabuk Nusantara 35. The four vessels built in 2 different shipyards. Then from the data is calculated percentage of acceptability of welding defects and types of welding defects that appear. Percentage calculations are performed on each ship and the entire ship. Based on calculation of percentage of acceptability of the welding defect and the type of welding defect that arises, Sabuk Nusantara 62 has the highest percentage of acceptance that is 100% while the Ship of Sabuk Nusantara 42 has the lowest percentage of acceptance of 90.91%. And the most common welding defects are Porosity. Keywords: Survey, Welding Check, Welded Disability, Percentage, Radiography Test.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > Teknik Bangunan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2018 03:07
Last Modified: 22 Sep 2018 03:07
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1184

Actions (login required)

View Item View Item