PERBANDINGAN KEKUATAN DAN KEKERASAN MATERIAL KI-A DILIHAT DARI VARIASI PENGGUNAAN BACKING CERAMIC DAN BENTUK KAMPUH

Afiatul, Ria (2017) PERBANDINGAN KEKUATAN DAN KEKERASAN MATERIAL KI-A DILIHAT DARI VARIASI PENGGUNAAN BACKING CERAMIC DAN BENTUK KAMPUH. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kapal adalah alat transportasi laut yang dapat menghubungkan pulau satu kepulau yang lain, negara satu dengan negara yang lain. Perkembangan industri perkapalanpun semakin berkembang pesat. Banyak metode yang digunakan untuk membangun sebuah kapal. Salah satunya adalah dengan metode block. Sehingga, sebuah kapal dapat terbagi menjadi beberapa block dan dapat dikerjakan secara bersamaan. Banyak industri perkapalan yang menggunakan material KI-A sebagai bahan utama. Hal ini dikarenakan sifatnya yang memiliki ketahanan terhadap korosi yang baik. Sambungan antar block menjadi salah satu hal krusial dalam pembangunan sebuah kapal. Metode joint blosk yang sering digunakan yaitu dengan pengelasan FCAW dan dengan media backing ceramic. Penelitian ini menggunakan material KI-A atau BKI grade A dengan tebal 10 mm. Pengelasan dilakukan dengan posisi 1 G. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kekerasan material KI-A dengan pengujian tarik dan hardness dengan variasi pengunaan backing ceramic dan bentuk kampuh. Penelitian ini mengacu pada AWS DI.I 2015. Dari hasil uji tarik, diketahui bahwa yang memiliki kuat tarik paling besar adalah pengelasan dengan kampuh i dengan menggunakan backing ceramic. Nilai tegangan maksimum yang diperoleh adalah sebesar 0,500 kN/mm 2 . Sedangkan dari hasil pengujian hardness, diketahui bahwa daerah weld metal pengelasan denan kampuh i tanpa menggunakan backing ceramic memiliki nilai kekerasan paling besar yaitu 196,06 HVN. Kata kunci : KI-A, backing ceramic, kekuatan, kekerasan, bentuk kampuh ABSTRACT The ship is a sea transportation that can connect one island to another island, one country with another country. The development of the shipping industry is growing rapidly. Many methods are used to build ship. One of them is the block method. Thus, a ship can be divided into several blocks and can be done simultaneously. Many shipping industries use KI-A material as the main ingredient. This is because of its properties that have good corrosion resistance. Block connection becomes one of the crucial things in the contruction of a ship. The joint block method is often used with welding FCAW and with backing ceramic media This research uses KI-A or BKI grade A material with 10 mm thickness. Welding is done with position 1 G. This research is done to know strenght and hardness of KI-A material with tensile and hardness test with variation of usage backing ceramic and form of groove. This study refers to AWS DI.I 2015. From the result of tensile test, it is known that the biggest tensile strength is welding with kampuh i by using backing ceramic. Maximum voltage value obtained is 0,500 kN / mm2. While the results of hardness testing, it is known that weld metal welding area denan i without using the backing ceramic has the greatest hardness value is 196.06 HVN. Keywords: KI-A, backing ceramic, strength, violence, shape of the groove

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > Teknik Bangunan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2018 02:46
Last Modified: 22 Sep 2018 02:46
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1175

Actions (login required)

View Item View Item