“ANALISA STABILITAS PADA KAPAL PERINTIS 2000GT DENGAN VARIASI BENTUK DAN UKURAN BILGE KEEL”

Awanda, Hanifah Juniar (2017) “ANALISA STABILITAS PADA KAPAL PERINTIS 2000GT DENGAN VARIASI BENTUK DAN UKURAN BILGE KEEL”. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kapal Perintis 2000 GT adalah kapal dengan muatan barang dan orang. Maka dari itu pembuatan kapal ini harus memperhatikan stabilitasnya dengan baik terkait faktor keselamatan manusia. Salah satu upaya untuk meningkatkan stabilitas adalah dengan penambahan bilge keel pada sisi lambung kiri dan kanan kapal. Sehingga perlu dilaksanakan analisa terhadap ukuran bilge keel yang optimal dan seberapa besar pengaruhnya terhadap stabilitas dan periode oleng kapal. Untuk mengetahui perhitungan stabilitas Kapal Perintis 2000GT, dilakukan dengan menganalisa 2 variasi bentuk dan ukuran bilge keel serta 1 variasi kapal tanpa bilge keel sebagai pembanding dengan menggunakan software Maxsurf dan Hydromax Pro 11 serta perhtiungan periode oleng. 2 variasi tersebut antara lain single bilge keel dengan ukuran 36 m x 0,5m dan 48 m x 0,3m, serta double bilge keel dengan ukuran 36 m x 0,5m dan 48 m x 0,3m. Dengan menggunakan perhitungan stabiiltas didapatkan hasil bahwa penambahan bilge keel ternyata mampu menambah stabilias Kapal Perintis 2000GT. Hal ini dibuktikan pada analisa model 3 dan model 5 yang menghasilkan periode oleng sebesar 19,91s dimana jauh lebih besar dibandingkan dengan model 1 (tanpa bilge keel) dengan periode oleng sebesar 5,29s. Serta dari beberapa model diketahui pada model 5 (double bilge keel ukuran 48m x 0.3m) luasan dibawah GZ bilge keel mengasilkan luasan yang lebih besar dibandingkan model lainnya pada saat muatan penuh maupun pada saat muatan 50% dan periode oleng yang lebih besar saat muatan penuh sehingga hal tersebut menunjukkan bahwa model 5 paling efisien (double bilge keel ukuran 48m x 0.3m) adalah model yang paling efisien. Kata kunci: Kapal Perintis 2000GT, Bilge keel, Maxsurf, Hydromax Pro 11, periode oleng, stabilitas kapal. 2000GT Passanger Ships are kind of ship that carries goods and people. That’s why the constructions process of these ships must pay extra attention to its stability related to human safety factors. One of the efforts to improve stability of the ships by addition of bilge keel on the left and right side of ships . So the analysis of bilge keel shape and form must be done to know which shape and size are the most optimal and how big it affected the ships stability and rolling periode This research aims to know the stability calculation of 2000GT Passanger Ship by analizing 2 variations of shape and size of bilge keel and 1 variation without bilge keel as a comparasion by Maxsurf and Hydromax Pro 11 software and also by calculating the rolling periode on each variation. Those variations are passanger with single bilge keel on size 36 m x 0,5m and 48 m x 0,3m, and also with double bilge keel on size 36 m x 0,5m and 48 m x 0,3m. By using the stability calculation, known that the addition of bilge keel actually able to improve the 2000GT Passanger Ship’s stability better than others variantion. This is proved by the 3 rd model (Single Bilge Keel on size 48m x 0.3m) and the 5 th model (Double Bilge Keel on size 48m x 0.5m) analysis that resulted therolling periode in amount of 19,91s, which is longer than others model. In addition, known as the bilge keel area of the 5 th model (Double Bilge Keel on size 48m x 0.5m) is wider than others both in full load and half load, so as the rolling periode of the 5 th model. So the conclusion is the most efficient us of bilge keel is the 5 th model (Double Bilge Keel on size 48m x 0.5m). Keywords: 2000GT Passanger Ships, Bilge keel, Maxsurf, Hydromax Pro 11, rolling periode, stability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2018 02:33
Last Modified: 22 Sep 2018 02:33
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1169

Actions (login required)

View Item View Item