ANALISA PENGARUH PENERAPAN BULBOUS BOW TERHADAP RESISTANSI DAN PERUBAHAN KONSTRUKSI KAPAL PERINTIS 2000GT

Aditya, Ridha (2017) ANALISA PENGARUH PENERAPAN BULBOUS BOW TERHADAP RESISTANSI DAN PERUBAHAN KONSTRUKSI KAPAL PERINTIS 2000GT. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kapal Perintis 2000GT merupakan kapal penumpang dan barang yang berlayar ke daerah terpencil untuk pemerataan suplai barang dan memberikan kemudahan transportasi antar pulau. Panjang keseluruhan kapal mencapai 68.50 meter dan kecepatan perencanaan maksimum hingga 15 knot, membuat kapal ini menjadi andalan pemerintah untuk mengatasi masalah transportasi laut di Indonesia. Dengan ukuran kapal yang cukup besar, ada hal yang berbeda dengan kapal ini, yaitu tidak diterapkannya bulbous pada daerah forepeak kapal. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kapal perintis ini lebih efektif menggunakan bulbous bow untuk mengurangi resistansi kapal. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan re-desain untuk kapal-kapal perintis lain yang akan dibangun di Indonesia. Dalam proses perubahan kontruksi haluan kapal ini dengan bulbous bow, akan terjadi banyak perubahan pada konstruksi forepeak. Mulai dari desain forepeak, beban yang diterima kapal, material konstruksi dan biaya pembuatan kapal. Dalam tugas akhir ini, akan dilakukan re-desain forepeak kapal, perencanaan konstruksi bulbous bow, perhitungan berat blok dan analisa resistansi dengan software hullspeed untuk kapal perintis 2000GT. Sehingga akan diketahui desain forepeak yang paling efektif dan kebutuhan material untuk pembuatan blok 121.122-01 sebelum dan setelah pemakaian bulbous bow. Berdasarkan analisa dan perencanaan, bahwa Kapal Perintis 2000GT diketahui akan mendapatkan beban resistansi terkecil jika diberi penambahan desain bulbous bow. Dengan analisa menggunakan software hullspeed, penambahan bulbous bow dengan 3 variasi ukuran ini memberikan keuntungan untuk mengurangi nilai resistansi yang nilai terbesarnya mencapai 18%, jika dibandingkan dengan resistansi kapal tanpa menggunakan bulbous bow. Berdasarakan detail gambar blok yang sudah ada, dapat dilihat perubahan konstruksi yang terjadi setelah ada penambahan bulbous bow yaitu tidak digunakan lagi pelat center yang diganti dengan profil T ukuran PL 300x8 FP 150x10. Dan juga penambahan penegar memanjang untuk menumpu twin deck dengan profil siku ukuran 90x90x9. Dengan adanya penambahan bulbous bow serta perubahan konstruksi ini, terjadi penambahan berat konstruksi bagian haluan kapal khususnya blok 121.122-01. Total dari perubahan berat blok mencapai 3.84 ton. Kata kunci : Bulbous bow, Forepeak, Kapal Perintis 2000GT, Konstruksi, Resistansi Coaster Ship 2000GT is a passenger and cargo ship which sealing to remote area for distribute cargo supply and give ease transportation. It has length over all 68.5 metres and planned maximum speed about 15 knot, that give a benefit to Indonesian government to solve the sea transportation problem in Indonesia. With that size, there is a different of this ship, that is unimplemented of bulbous bow in this ship. The latest research stated that coaster ship is more effective to decrease the resistance of the ship if using a bulbous bow. Because of that, it’s very possible to do a redesign for this coaster ship. On process to redesign forepeak construction with bulbous bow, it will be any change on forepeak construction. It start from forepeak design, the load of the ship, material construction and building cost. In this final project, the re-design of forepeak construction will be conducted, detail of bulbous bow construction, the weight of block calculation and resistance analysis using hullspeed. With the result that will be knowen the most effective design of forepeak construction and material requirement to build block number 121.122-01 before and after bulbous bow implementation. Based on analize and planning of this final project, the smallest resistance will be accepted if implemented a bulbous bow. It can decrease the load of resistance until 18%, which analize with hullspeed. Based on detail construction of block, it showen the change of construction after implement a bulbous bow. The centre girder of forepeak replace by T profile PL 300x8 FP 150x10, and added longitudinal stiffener to support the twin deck using L profile 90x90x10. After implement the bulbous bow, it effected to weight of the block, especially for block number 121.122-01, the total change weight of the block gain until 3.84 tonnes. Keywords : Bulbous bow,Coaster Ship, Construction, Forepeak, Resistance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2018 02:31
Last Modified: 22 Sep 2018 02:31
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1168

Actions (login required)

View Item View Item