PENJADWALAN KEGIATAN PERAWATAN MESIN KAPAL TUNDA KM BIMA DENGAN METODE RCM II DAN BERBASIS WEB

YURISTIAWAN, ARGA (2017) PENJADWALAN KEGIATAN PERAWATAN MESIN KAPAL TUNDA KM BIMA DENGAN METODE RCM II DAN BERBASIS WEB. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK PT.X merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasayaitu perusahaan jasa pemandu kapal besar, Salah satu kapal tunda yang dimiliki PT. X adalah KT. BIMA, KT. BIMA mempunyai waktu operasi yang cukup tinggi, namun pada kapal ini kurang diperhatikan mengenai masalah perawatan mesin induk yang optimal dan terencana sehingga menyebabkan seringnya kegagalan pada komponen mesin induk.Penelitian ini menggunakan failure modes and effect analisys (FMEA) dalam mengidentifikasi bentuk kegagalan dan efek kegagalan dari komponen utama mesin induk. Kemudian dalam pemilihan jadwal perawatan yang optimal menggunakan reliability centered maintenance (RCM II). Analisa kuantitatif akan dimasukkan dalam penentuan interval waktuperawatan optimal dengan memperhatikan biaya perawatan serta biaya kerusakan. Sedangkan PHPMysql akan membantu dalam pembuatan program perawatan.Dari hasil penelitian didapatkan 24 failure modes yang mengikuti kegagalan fungsi yang dimiliki oleh mesin induk. Cara mengantisipasi kegagalan tersebutmaka kegiatan perawatan yang diberikan untuk komponen mesin induk dengan memperhatikan RCM II decision diagram meliputi scheduled on condition, schedule discard, scheduledrestoration serta combination of task. agar tindakan tersebut dapat menurunkan konsekuensi kegagalan yang ditimbulkan oleh komponen tersebut. Dari hasil pengujian program ini didapatkan bahwa data yang sudah diinputkan oleh admin dijadikan sebagai database perawatan. Setiap tindakan perawatan akan disimpan dalam laporan perawatan yang dapat dilihat dan akan tercatat dalam record perawatan. Kata kunci : FMEA (failure modes and effect analysis), RCM II (reliability centeredmaintenance), interval perawatan, PHPMysql. ABSTRACT PT. X is a service company which is engaged service company guides large ships, one tugboat owned by PT. X is KT. BIMA, KT. BIMA had a fairly high operating time, but on this ship less note on the issue of the optimal treatment of the parent engine and well-planned thus causing frequent failures on the parent machine components. This research uses the failure modes and effect analisys (FMEA) in identifying the form of failure and the effect of the failure of the main components of the machine. Then in the selection of optimal treatment schedule using the reliability centered maintenance (RCM) II. Quantitative analysis will be included in the determination of the optimal treatment time interval by observing the maintenance costs and the cost of the damage. Whereas PHPMysql will assist in making treatment programs. Research results obtained 24 failure modes which followed the failure of the function of which is owned by the parent machine. How to anticipate failures then the activities of care given to the parent machine component having regard to RCM II decision diagrams include scheduled on condition, discard, schedule scheduled restoration as well as the combination of the task. in order for such action can reduce the consequences of a failure caused by the component. From the results of testing this program obtained that data already inputed by admin as part of database maintenance. Every action will be saved in the report care treatments that can be seen and will be recordedin the record of the treatment. Keywords: FMEA (failure modes and effects analysis), RCM (reliability centered maintenance), treatment intervals, PHPMysql.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 21 Sep 2018 06:29
Last Modified: 21 Sep 2018 06:29
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1139

Actions (login required)

View Item View Item