ANALISA PENERAPAN BULBOUS BOW DAN PENGARUHNYA TERHADAP RESISTANSI YANG DITIMBULKAN PADA KAPAL PERINTIS 500 DWT DI PT. F1 PERKASA.

MUHAMAT, HARIYANTO (2015) ANALISA PENERAPAN BULBOUS BOW DAN PENGARUHNYA TERHADAP RESISTANSI YANG DITIMBULKAN PADA KAPAL PERINTIS 500 DWT DI PT. F1 PERKASA. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Resistansi kapal yang kecil merupakan suatu tujuan dalam perencanaan dan pembangunan bentuk lambung (hull form) suatu kapal untuk mendapatkan daya mesin yang sekecil mungkin sehingga desain yang kita buat memiliki efesiensi yang baik. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisa perbandingan besarnya resistansi pada pembangun kapal perintis 500 DWT di PT. F1 perkasa banyuwangi yang tanpa menggunakan bulbous bow dengan bentuk desain alternatif yang menggunakan bulbous bow. Perencanaan bulbous bow dilakukan menggunanakan perhitungan dasar mengenai dimensi bulbous bow yang didapatkan dari buku Manuel Ventura “Bulbous bow design“ dalam 3 model bulbous bow dengan variasi berdasarkan panjang dan sudut kemiringan yang berbeda. Kemudian dari variasi bentuk tersebut digambar dalam bentuk 3D yang nantinya dibandingkan dengan me-runing resistansi dan kecepatan tersebut di software maxsurf yaitu hull speed dengan cara membagi kapal menjadi beberapa kondisi yaitu 100% load 50% load dan sarat kosong. Dari ke 3 model tersebut diambil nilai resistansi terkecil dan akan dibandingkan dengan model yang tidak menggunakan bulbous bow. Untuk mengetahui arah aliran fluida maka anlisa lebih lanjut dilakukan dengan metode simulasi CFD menggunakan software ansys 15. Hasil analisa di dapatkan nilai resistansi terkecil yaitu pada model bulbous yang ke tiga, dengan nilai resistansi terkecil sekitar 177.52 KN pada kecepatan 15 knot dan sarat penuh. Untuk kondisi sarat yang berbeda tidak begitu menunjukan perbedaan hasil yang signifikan sehingga diambil nilai paling besar yaitu pada kondisi sarat penuh. Dan hasil analisa menggunakan simulasi CFD daerah permukaan bulbous bow mengalami kenaikan velocity lebih besar di bandingkan yang tidak menggunakan bulbous bow, sehingga berpengaruh terhadap resistansi di bagian lambung kapal tersebut. Jadi desain kapal perintis tersebut akan lebih efisien jika menggunakan bulbous bow type 3. Kata kunci : bulbous bow, resistance, hull form, Little resistance of the ship is a purpose from planing and shape hull building (hull form) for ship to get a slightes the power engine, and than design that we make have good efficiency. In this research analisys comparison suggested to know the resistance value of ship building Perintis 500 DWT in PT. F1 Perkasa Banyuwangi with design without bulbous bow and alternative design with bulbous bow. The analysis of this research is done in various ways using basic calculations of bulbous bow dimensions from Manuel Ventura’s book "Bulbous bow design". From the dimensions that have been planned, then make a bulbous bow model with different form variations. Then, from the variety of shapes drawn in 3D image which next will be compared with running the obstacles and speed in maxsurf software hull speed. From three models were taken the smallest value and will be compared with ships that not use the bulbous bow. To determine the fluid flow direction, then further analysis conducted by using CFD simulation method with ANSYS 15 software. After analyzed using maxsurf software hull speed, obtained the smallest resistance value that is the third bulbous model, with the value around 177.52 KN at speed of 15 knots in fully loaded. And the analysis results using the CFD simulation, the bulbous bow’s surface area has increased velocity greater in compares with not using the bulbous bow, so that affect the barriers in the hull of ship. So the pioneers ship design is ideal if built and planned by wearing bulbous bow type 3. Keywords: : bulbous bow, resistance, hull form,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2018 03:00
Last Modified: 27 Aug 2018 03:00
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item View Item