Arman Musthafa Rasyid, Zain (2015) REDESIGN TATA LETAK WHEELHOUSE PADA KAPAL S-22 di PT. ORELA SHIPYARD. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Seiring perkembangan zaman, alat transportasi laut kini sudah berkembang pesat, salah satunya kapal yang disebut Kapal Utility. Kapal Utility adalah Tug Boat serbaguna yaitu untuk mendorong, menarik, dan memindahkan unit offshore, tidak hanya itu kegunaannya tetapi juga dapat mengangkut peralatan dan perlengkapan pengeboran minyak lepas pantai (offshore). Dikarenakan pintu kedap pada ruang wheelhouse di kapal utility S-22 dengan arah pintu keluar, maka terdapat berbagai permasalahan yang timbul. Di antaranya yaitu dalam mengatur keamanan dan ken-yamanan pada wheelhouse, yang dapat menimbulkan resiko sebuah insiden pada saat pintu terbuka sempurna ke arah keluar maka dapat mengganggu seseorang yang berjalan di gangway jalan pada wheelhouse. Posisi arah gerak buka – tutup pintu merupakan pengaturan dari nilai ergonomi. Karena ruang yang terbatas, oleh karena itu akan mempengaruhi kenyamanan manusia begitupun terhadap lingkungan. Jika pengaturan posisi tata letak pintu yang tidak sesuai nilai ergonomic akan berpengaruh terhadap manusia yang bekerja didalam wheelhouse deck. Dari hasil perencanaan desain yang telah dilakukan mendapatkan hasil bahwa per-pindahan arah gerak buka tutup pintu lebih efisien. Dan untuk perencanaan penga-man dalam sistem pintu kedap dengan memberi door closer, sehingga didapatkan sistem keamanan baru buka tutup pintu pada wheelhouse kapal Utility S-22. Kata kunci : Kapal Utility, Arah gerak, Pintu, Efisien. ABSTRACT Along with the times, sea transport is now growing rapidly, one boat called Ship Utility. Tug Boat Utility boats are versatile which is to push, pull, and move offshore unit, not only the usefulness but also to transport equipment and supplies offshore oil drilling (offshore). Due to the watertight doors in the wheelhouse on board util-ity room S-22 with the direction of the exit, then there are various issues that arise. Among which regulate the safety and comfort of the wheelhouse, which may pose a risk of an incident during the open door perfectly towards exit, it can interfere with a person walking on the street in the wheelhouse gangway. The position of the direction of motion of open - closed door is the setting of the value of ergonomics. Because space is limited, therefore it will affect human com-fort as well as to the environment. If the setting position of the layout of doors that do not fit the ergonomic value will affect the people who work in the wheelhouse deck. From the results of the design planning that has been done to get the result that the displacement direction of motion of opening and closing of the door is more effi-cient. And for planning a safety system watertight doors to provide door closer, so we get a new security system in the wheelhouse door opening and closing Utility ship S-22. Keywords: Utility Boat, Direction of motion, door, Efficient
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 02:47 |
Last Modified: | 27 Aug 2018 02:47 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/107 |
Actions (login required)
View Item |