ANALISIS SISTEM KEMUDI AUTOPILOT DI KRI OSWALD SIAHAAN – 354

WIBOWO, TOMY PRASETYO (2017) ANALISIS SISTEM KEMUDI AUTOPILOT DI KRI OSWALD SIAHAAN – 354. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem kemudi pada kapal memiliki peran penting sebagai sistem penunjang saat kapal beroperasi, berfungsi untuk mengubah arah arus fluida yang mengakibatkan perubahan arah laju kapal. KRI OSWALD SIAHAAN – 354 memiliki sistem kemudi yang terdiri dari 3 mode kontrol elektrik dan 1 mode kontrol mekanik. Kontrol elektrik terdiri dari, Brug Auto untuk Autopilot, Brug Hand untuk kemudi difungsikan oleh operator menggunakan Steering Wheel di anjungan, Brug Noodsturen akan aktif saat input dari Steering Wheel melebihi batas normal stop, sehingga switch aktif dan sinyal perintah kemudi dikirim langsung ke steering gear actuator tanpa melalui Rudder Servoamplifiers di Connection Box. Kontrol mekanik terdiri dari Local Control, putaran Handwheel langsung mengoperasikan main gear sehingga sudut daun kemudi berubah. Dari hasil analisis yang dilakukan didapat kesimpulan bahwa Brug Auto dan Brug Hand menggunakan unit signal processing yang sama tetapi mendapat input dari unit yang berbeda. Sedangkan Brug Noodsturen menghasilkan pergerakan daun kemudi yang lebih cepat dibandingkan dengan mode yang lainnya. Dengan adanya pemahaman cara kerja dan instalasi sistem kemudi, dapat mempermudah proses perbaikan jika terjadi gangguan dan dapat melakukan modifikasi sistem kemudi di kapal lain yang membutuhkan, sesuai dengan instalasi sistem kemudi di KRI OSWALD SIAHAAN – 354. Kata Kunci: Autopilot, KRI OSWALD SIAHAAN – 354, Sistem Kemudi ABSTRACT The steering system on the ship has an important role as a support system when the ship operates, use to control fluid current and make change in the direction of the ship. KRI OSWALD SIAHAAN – 354 has 3 electric control mode and 1 mechanic control mode of rudder control system. Electric control consist of, Brug Auto for Autopilot, Brug Hand for steering system controlled by operator using Steering Wheel in bridge, Brug Noodsturen is activated when the Steering Wheel is turned beyond its normal stop, causing switch on and signals to be sent directly to the steering gear actuator, bypassing Rudder Servoamplifiers in Connection Box. Control mechanic consist of Local Control, rotation of Handwheel directly operate main gear and make rudder angle changes. From the analysis, it can be concluded that Brug Auto and Brig Hand use same signal processing unit but get input from different units. While Brug Noodsturen produces movement of the rudder faster than the other modes. By understanding how the system works and installation of the steering system, can make maintenance easier than before and can doing modification steering system in other ship, in accordance with the installation of steering system in KRI OSWALD SIAHAAN - 354. Keywords: Autopilot, KRI OSWALD SIAHAAN – 354, Steering system

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal > D3 Teknik Kelistrikan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2018 06:24
Last Modified: 20 Sep 2018 06:24
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1043

Actions (login required)

View Item View Item