PERANCANGAN SISTEM PEMADAM KEBAKARAN OTOMATIS KERETA PEMBANGKIT K1 BERBASIS MIKROKONTROLER

As’ari, Abbas (2017) PERANCANGAN SISTEM PEMADAM KEBAKARAN OTOMATIS KERETA PEMBANGKIT K1 BERBASIS MIKROKONTROLER. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kereta api memiliki pembangkit sendiri untuk memenuhi beban kelistrikan pada semua gerbong kereta khususnya penumpang. Pembangkit listrik di kereta berupa generator diesel dan penempatannya dibuat terpisah dengan kereta penumpang. Penunjang keamanan untuk kereta pembangkit khususnya adalah pemadam kebakaran. Sistem pemadam kebakaran otomatis pernah diadopsi oleh kereta api di Indonesia namun penggunaanya dihentikan karena sistem pemadam kebakaran otomatis sebelumnya sering salah membaca kondisi lingkungan. Modifikasi pada kontrol dan sensor sistem pemadam kebakaran diperlukan agar pemadam kebakaran otomatis dapat dilakukan dengan maksimal. Sistem pemadam kebakaran otomatis menggunakan sensor suhu, sensor api dan sensor asap sebagai pendeteksi. Kontrol untuk mengatur kerja sistem menggunakan mikrokontroler yang bekerja secara otomatis dengan membaca kondisi dari kolaborasi sensor-sensor. Pembacaan suhu antara sensor LM35 dengan thermometer memiliki nilai error 0,03% dengan selisih suhu rata-rata 0,95 o Celcius. Setpoin penanda suhu tinggi adalah 40 o Celcius dengan respon sistem pada suhu 41 o Celcius sampai 68 o Celcius sehingga selisih set poin suhu adalah 1 o Celcius. Sementara set point untuk mendeteksi asap adalah dengan asumsi nilai ADC 22 (0,11 Volt) Discrete Analog Level sementara respon sistem adalah 24 (0,12 Volt) Discrete Analog Level sampai 52 (0,25 Volt) Discrete Analog Level, sehingga selisih set poin asap adalah 2 (0,01 Volt) Discrete Analog Level. Sistem pemadam dapat membedakan suhu mesin dan aktif ketika terdapat dua keadaan yaitu sensor LM35 membaca suhu 41 o Celcius sampai 68 o Celcius dengan pembacaan asap 24 (0,12 Volt) Discrete Analog Level sampai 52 (0,25 Volt) Discrete Analog Level atau sensor KY-026 mendeteksi api. Kata kunci : Pemadam kebakaran, kontrol otomatis, kereta pembangkit ABSTRACT The railway has own power station to serve the electrical load on all train cars, especially passengers. The power plant on the train is a diesel generator and the placement is made separately with the passenger train. Security support for generators, especially firefighters. The automatic fire extinguisher system was once adopted by trains in Indonesia, but it was discontinued because previous automatic fire-fighting systems often misread the environmental conditions. Modifications to the control and fire-fighting system sensors are required, so that automatic fire extinguishers can work well. The automatic fire extinguish system uses temperature sensors, fire sensors and smoke sensors as a detector. Controls to run the system using a microcontroller that works automatically by reading the conditions of the collaboration of sensors. The temperature reading between the LM35 sensor and the thermometer has an error value of 0.03% with an average temperature difference of 0.95 o Celcius. Set Point for high temperature is 40 Celcius with system response at temperature 41 o Celcius to 68 o Celcius so that the difference of set of temperature points is 1 o Celcius. While the set point for detecting smoke is assuming ADC value 22 (0.11 Volt) Discrete Analog Level and system response is 24 (0.12 Volt) Discrete Analog Level up to 52 (0.25 Volt) Discrete Analog Level, so the difference of set Smoke points are 2 (0.01 Volt) Discrete Analog Level. The extinguishing system can distinguish engine temperature and activate when there are two states of LM35 sensor reading temperature 41 o Celcius to 68 o Celcius with reading smoke 24 (0.12 Volt) Discrete Analog Level to 52 (0.25 Volt) Discrete Analog Level or sensor KY- 026 detects fire. Keywords: Fire extinguisher, automatic control, generator train

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal > Teknik Kelistrikan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2018 06:00
Last Modified: 20 Sep 2018 06:00
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/1036

Actions (login required)

View Item View Item