PENGARUH PERUBAHAN RUANG AKOMODASI KAPAL PINISI FRP TERHADAP STABILITAS KAPAL

Muhammad Faisal, Ar-Rifqy (2015) PENGARUH PERUBAHAN RUANG AKOMODASI KAPAL PINISI FRP TERHADAP STABILITAS KAPAL. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kapal pinisi FRP Pesona Ijen merupakan kapal penumpang yang digunakan untuk mengangkut wisatawan yang berkunjung ke kabupaten Banyuwangi untuk melakukan perjalanan wisata. Adapun ukuran utama kapal pinisi sebagai berikut: Length over All : 16.00 m Breadth : 3.00 m High : 1.10 m Sarat kapal (T) : 0.60 m Akan tetapi pada kapal ini memiliki masalah terkait dengan ruang akomodasi penumpang yang ada antara lain, tempat duduk yang disediakan untuk para penumpang di kapal ini terlalu sempit sehingga sangat tidak nyaman digunakan. Untuk itu perlu adanya perubahan tempat duduk penumpang sehingga bisa digunakan untuk melakukan perjalanan dengan nyaman. Pada kapal ini juga tidak dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan karena pentingnya alat keselamatan pada setiap kapal yang berlayar. Proses perubahan ruang akomodasi dilakukan karena kurangnya tempat duduk untuk penumpang kapal. Standar tempat duduk yang ada pada kapal ini akan menggunakan metode Antropometri dengan memperhatikan faktor ergonomi dari penumpang kapal. Sedangkan untuk penambahan peralatan keselamatan akan menggunakan standar SOLAS section II kelengkapan keselamatan dan peralatan pencegah kebakaran. Setelah adanya perubahan tempat duduk dan penambahan peralatan keselamatan pada kapal ini akan dilakukan proses analisa stabilitas dengan menggunakan standar IMO A749 (18) E tentang Stability For All Types Of Ships dengan menggunakan software Hydromax 11 untuk mengetahui nilai stabilitas kapal ini. Dari hasil perubahan ruang akomodasi kapal didapatkan standar tempat duduk penumpang kapal pinisi FRP ini dengan ukuran tempat duduk 40 cm dengan memperhatikan tingkat kenyamanan penumpang. Kemudian untuk perlengkapan keselamatan yang dibutuhkan pada kapal ini adalah pelampung penolong, jaket pelampung, peralatan pemadam kebakaran, radio komunikasi, catatan radio, EPIRB. Sedangkan hasil dari analisa kapal setelah dilakukan perubahan ruangan dan penambahan perlengkapan keselamatan kerja dengan 3 kondisi, yaitu saat muatan 0%, muatan 50%, dan muatan 100% didapatkan hasil analisa stabilitas pada kapal pinisi ini sudah memenuhi standar IMO A749 (18) E tentang stabilitas. Kata Kunci: standar tempat duduk, perlengkapan keselamatan, dan stabilitas. ABSTRACT Phinisi FRP ship Enchantment of Ijen is a passenger ship used for transporting tourists visiting Banyuwangi to travel. The primary measure Phinisi ship as follows: Length over All : 16:00 m Breadth : 3.00 m High : 1.10 m Loaded Boat (T) : 0.60 m But on this ship has a problem associated with existing passenger accommodation spaces, among others, the seating provided to the passengers on this ship is too narrow so it is not convenient to use. For that we need a change in the passenger seat so that it can be used to travel comfortably. On this ship is not equipped with safety equipment because of the importance of safety equipment on every ship sailing. The process of change is done because of lack of accommodation space seating for passenger ships. Standard seating is on this ship will use a method of anthropometry to take into account the ergonomics of the passenger ship. As for the addition of safety equipment will use section II completeness SOLAS standards of safety and fire suppression equipment. After the change of the seat and the addition of safety equipment on the vessel will be performed stability analysis process using the standard IMO A749 (18) E of the Stability For All Types Of Ships using software Hydromax 11 to determine the value of the ship's stability. From the results obtained change in accommodation spaces aboard ships standard passenger seating FRP Phinisi this with seat size 40 cm with due regard to the level of passenger comfort. Then for the required safety equipment on the ship is a helper buoys, life jackets, fire fighting equipment, radio communications, radio records, EPIRB. While the results of the analysis of the vessel after the change rooms and the addition of safety equipment with three conditions, namely when the load of 0%, 50% load and 100% load stability analysis results obtained in this Phinisi vessels already meet the standards IMO A749 (18) E of the stability. Keywords: standard seating, safety equipment, and stability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2018 02:26
Last Modified: 27 Aug 2018 02:26
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item