ANALISIS PERBANDINGAN BERAT KONSTRUKSI AREA ENGINE ROOMFRAME 12 -16 PADA KAPAL UTILITY VESSEL S22 DI PT. ORELA SHIPYARD BERDASARKAN BKI DENGAN BV

Eka, Puspiasari (2015) ANALISIS PERBANDINGAN BERAT KONSTRUKSI AREA ENGINE ROOMFRAME 12 -16 PADA KAPAL UTILITY VESSEL S22 DI PT. ORELA SHIPYARD BERDASARKAN BKI DENGAN BV. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Seiring perkembangan zaman, alat transportasi laut kini sudah berkembang pesat, salah satunya kapal yang disebut Kapal Utility. Kapal Utility adalah Tug Boat serbaguna yaitu untuk mendorong, menarik, dan memindahkan unit offshore, tidak hanya itu kegunaannya tetapi juga dapat mengangkut peralatan dan perlengkapan pengeboran minyak lepas pantai (offshore). Kapal yang memiliki 2 mesin diesel ini mempunyai lambung yang kokoh dimana letak kekuatannya berada pada konstruksi sisinya. Sehingga dalam perhitungan dan perencanaan pemilihan ukuran konstruksinya, diusahakan mengutamakan yang paling ringan dan kuat dari segi berat konstruksi. Dengan mengacu pada area engine room kapal Utility Vessel S22, maka semua komponen konstruksi dihitung menggunakan rules BKI dan BV. Perhitungan dilakukan dengan dimensi material asli dari perhitungan konstruksi, untuk perhitungan berat dilakukan dengan Metode Piece Drawing dan Assembly Part List. Sehingga terdapat 2 hasil perhitungan berat pada khir nanti. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa nilai berat konstruksi area engine room frame 12 -16 pada kapal Utility Vessel S22 yang dihitung dengan rules BKI pada frame 12-16 sebesar 8,03ton sedangkan berat konstruksi yang dihitung menggunakan BV sebesar 9,57 ton. Selisih ini menunjukkan bahwa rules BKI lebih ringan dibandingkan BV. Kata kunci : Kapal Utility, Berat Konstruksi, Ringan, Kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2018 02:23
Last Modified: 27 Aug 2018 02:23
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/101

Actions (login required)

View Item View Item